6 Pekerjaan Freelance Yang bisa Dilakukan di Rumah

 



"Kamu di rumah aja tapi kok bilangnya sibuk terus sih?"

"Eh kamu di rumah aja tapi kok suka jalan-jalan ke cafe, dapat uangnya dari mana?," pertanyaan yang sering dilontarkan teman-teman lawas yang baru saja berteman di facebook. Biasanya kalau mereka chat seperti itu saya hanya ketawa dan mulai menjelaskan apa pekerjaan saya selama ini yang bisa dilakukan dimana saja.


Seorang freelancer itulah saya, pekerjaan ini saya pilih karena cukup fleksible, bisa sambil mengurus anak dan rumah dalam satu kesempatan. Kalau dibandingkan dulu yang bekerja jadi ini itu, menjadi seorang freelance saat ini jauh lebih baik untuk pendapatannya, memang ya untuk penghasilan setiap bulannya itu tidak menentu namun Alhamdulillah bisa mencukupi kebutuhan dan sedikit memiliki investasi. 


Di era digital saat ini semua serba mudah jika kita tahu celahnya untuk mencari penghasilan, asal ada kemauan belajar, tekat yang kuat dan usaha insya Allah akan menghasilkan. Seperti sekarang ini sudah hampir 2 tahun pandemi kita dipaksa untuk tetap di rumah saja namun harus produktif tetap menghasilkan uang dari rumah. Lalu sebenarnya apa saja sih pekerjaan saya selama menjadi freelancer? 


Pekerjaan freelance yang bisa dilakukan di rumah :



  • Blogger 
Blogger adalah seseorang yang secara teratus menulis di blog dan blog sendiri adalah platform atau media yang digunakan untuk menulis di internet. Menjadi seorang blogger tidak sekaligus langsung dapat uang ya teman-teman, butuh perjalanan panjang dan perjuangan juga. 

Untuk mendapat pekerjaan dari nge-blog hal yang pertama yang kalian lakukan adalah menulis terlebih dahulu, buat konten-konten di blog kalian, memperluas networking dengan bergabung di komunitas-komunitas blogging, memiliki social media misalnya saja facebook, twitter, instagram, linked nah pada sosial media teman-teman jangan lupa cantumkan blog kalian apa agar orang lain juga tahu kalau kalian adalah seorang blogger. Setelah menulis blog jangan lupa share di sosial media kalian agar ada yang baca juga yes hehe.

  • Sosial Media Influencer
Saat ini banyak sekali brand besar dan UMKM yang menggunakan sosial media influencer untuk mengenalkan produk mereka dibandingkan promosi iklan di TV karena segala usia saat ini sudah menggunakan smartphone yang terkoneksi internet juga memiliki sosial media. Peluang seperti ini harus kita ambil dan agar dilirik oleh brand atau agency tentunya kita harus memperbaiki konten dan post photo juga video kita di sosial media. 

Jika sudah menjadi influencer atau micro influencer please jaga attitude juga ya, dimana jangan terlalu mengumbar masalah pribadi, hobi nyinyir dan berumpat karena ya namanya jejak digital akan selalu ada, biasanya juga brand tidak mau bekerja sama dengan influencer seperti itu. 

  • Gosh Writer
Buat para blogger atau seseorang yang menulis di platform pasti tahu apa itu gosh writer, nah kali ini saya akan jelaskan sedikit apa itu gosh writer ya. Gosh writer seseorang yang memiliki kemampuan menulis mumpuni, namun memilih untuk tidak mengambil kredit atau hak cipta atas tulisan yang pernah ditulisnya. Jadi saya menulis untuk website dan blog milik klien saya gitu lho. Awalnya agak sulit ya menjadi gosh writer ini karena gaya menulis orang itu berbeda-beda , namun demi cuan Alhamdulillah saya bisa mengatasinya dan mulai enjoy jadi gosh writer hehe. 

  • Buzzer
Buzezer adalah orang yang memiliki pengaruh tertentu untuk menyatakan suatu kepentingan. Kalau mendengar kata buzzer pasti langsung berfikir negatif ya karena mengarah ke politik, tapi hey kawan tidak semua buzzer itu ke politik lho . Jadi pinter -pinter kamu aja yes dalam memilih buzzer apa kalau saya sendiri sudah tidak memilih job buzzer politik atau ke hal-hal sensitif sih.

  • PIC atau Person in Charge
Menjadi PIC juga salah satu pekerjaan saya, jadi PIC merupakan bagian yang bertugas untuk mengontrol jalannya pekerjaan atau proyek sesuai dengan rencana misalnya ada sebuah campaign atau project biasanya akan saya satukan di whats app group  agar lebih mudah memantau para micro influencer atau blogger yang saya pegang apakah pekerjaan mereka sudah sesuai brief atau tidak.

Pekerjaan saya juga tidak hanya mengontrol dan memantau saja tetapi juga membuat laporan setelah campaign selesai. So far, Alhamdulillah selama ini tidak ada kendala yang gimana-gimana selama menjalani pekerjaan ini, istilahnya masih bisa di handle lah hehe.

  • Reselller
Yups, reseller salah satu penghasil pundi-pundi income saya. Saya menjadi reseller salah satu platform beauty yang menjual aneka skincare dalam dan luar negeri. Semua produk skincare yang di jual disini adalah original jadi saya berani menjadi reseller. Untuk pendapatannya sendiri memang tidak lah banyak hanya sekitar 10% saja namun Alhamdulillah setiap bulannya ada saja yang beli lewat referral link milik saya. 

Saat ini banyak sekali platform e-commerce beauty yang menyediakan kerjasama tanpa minimal pembelian. Menjadi reseller salah satu pilihan tepat untuk kamu yang ingin usaha namun terkendala modal atau takut produk yang kamu jual tidak laku. So, bisa dicoba saja ya. 




Yups, diatas itu adalah sumber income saya sebagai freelancer, meski tidak menentu setiap bulannya namun Alhamdulillah cukup untuk kebutuhan hidup dan sedikit investasi. Pekerjaan saya hampir 90% remote terkoneksi internet dan bisa dilakukan dimana saja, lebih sering sih di rumah namun saat jenuh dan butuh penyegaran biasanya saya mengerjakan pekerjaan saya di Cafe atau Taman Menteng dekat rumah. 


Ya, pekerjaan saya memang 90% digital jadi makanya kalau kerja dimana pun yang terpenting adalah jaringan internetnya harus aman, cepat dan terkendali. Untuk jaringan memang lebih sering pakai wifi ya tapi kadang kalau di luar rumah bisa pakai Advan CPE Router Start dengan kecepatan lebih dari 300 Mbps jangkauannya juga cukup luas yaitu 125 meter lho, jadi kalau rumah kalian bertingkat gitu jaringannya tetap terjangkau karena memiliki 2 antena.


Advan CPE Router Start sudah 4G dan cukup fleksible jika dibawa kemana-mana ya dan beratnya juga hanya 155 gr aja yes terus nih memiliki baterai 2.000 mAh dengan waktu kerja selama 4 jam dan 16 jam waktu standby. Untuk memasukan SIM Cardnya sendiri cukup mudah tinggal buka dibagian belakangnya ( dibawah baterai ) . Posible juga nih karena bisa android, ios, windows dan linux. Kalau sedang acara kumpul-kumpul kalau reuni di Vila juga ga khawatir lagi yes karena Advan CPE Router Start bisa mengkoneksikan sampai 32 perangkat. 





Untuk harganya gimana? oh tenang guys Advan CPE Router Start harganya gak bakal nguras kantok kok, sekitar RP 680.000 aja dan itu sudah dapat free Tsel Orbit 50 GB lho. Untuk pembeliannya juga sudah ada di berbagai marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan lainnya. So, yang butuh banget internetnya kencang dan bisa terkoneksi lancar bisa pilih Advan CPE Router Start aja yes mumpung ada bundling juga kan dengan Telkomsel Orbit. 


Terakhir, buat kamu yang ingin menjadi freelance seperti saya saat ini banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah atau dimana pun, pilih yang sesuai dengan passion dan kemampuan kamu. Memang awalnya tidak mudah tapi percaya deh kalau terus belajar, perlebar networking, selalu berikan yang terbaik insya Allah pasti ada jalan. 

6 komentar

  1. Sekilas kerja di rumah nganggur ya, padahal kalau dijalani kepala serasa mau pecah, haha..

    Kudu pinter2 bagi waktu dan jari biar semua pekerrjaan kehandle. Setuju kalau buzzer bukan hanya politik. Cuma sayangnya istilah buzzer kian merujuk ke sana sih hehe

    BalasHapus
  2. Harga Advan CPE Router Start masih lumayan terjangkau yaa ini. Asik dibawa kemana mana juga dan batrenya pun lumayan awet

    BalasHapus
  3. Kak, ini pakai baterai atau colok listrik yah? Kok di foto bisa nyala tanpa colok listrik?

    BalasHapus
  4. kmaren sempet liat sekilas router Advan ini. kalau buat dibawa-bawa enak ga ya? soalnya mulai berpikir untuk kembali traveling dan biar tetep bisa kerja kan butuh banget akses internet

    BalasHapus
  5. Mau menghasilkan uang di era digital ini tentunya jauh lebih mudah ya,Mba. Ada kemauan sih ada jalan nih. Memang koneksi yang bagus juga dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan menggunakan jaringan ya. Ini sepertinya memudahkan dengan adanya router Advan begini,mba.

    BalasHapus
  6. Pekerjaan freelance sekarnag bisa dilakukan dari mana aja ya gak cuma dari rumah, asalkan ada koneksi internet yang kenceng

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉