Terus #BeraniBaik Untuk Zakat dan Wakaf Bersama Dompet Dhuafa




"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui". QS. Al-Baqarah: 261

Ayat diatas adalah salah satu pengingat saya untuk #BeraniBaik terus berbuat baik untuk sesama selama saya masih diberikan umur. Sama seperti yang kalian ketahui bahwa kebaikan yang kita kasih akan kembali kepada kita begitu juga keburukan makanya manfaatkan waktu yang ada untuk berbuat kebaikan. 

Saya sendiri bukanlah sepenuhnya orang baik namun setiap harinya saya mencoba lebih baik lagi dari kemarin.Kadang saya juga berfikir hari ini apakah sudah melakukan kebaikan? hari ini apakah sudah produktif dari kemarin? dan masih banyak lagi. BeraniBaik bagi saya juga tidak perlu melakukan hal yang besar kok, biasanya saya memulai dari hal kecil, mulai dari hal yang bisa saya lakukan atau bantu.

Kebaikan hal kecil dimulai dari tersenyum, menyapa dan melakukan kewajiban saya sebagai ibu dari 2 orang puteri lalu tidak lupa menyisihkan sedikit harta yang saya punya untuk keluarga atau sesama sebisa yang saya lakukan ya saya lakukan. Untuk berbagi misalnya, bukan bermaksud untuk riya atau apa ya, untuk berbagi saya menjadi anggota sebuah komunitas yang sering berbagi entah berbagi makanan, berbagi kegiatan positif dan masih banyak lagi. 

Sistem berbagi di komunitas yang saya ikuti yaitu ada donatur sesama anggota yang rutin menyumbangkan sedikit hartanya untuk kegiatan kami misalnya memberikan nasi bungkus, membeli produk-produk pedagang kecil yang sudah renta, berbagi sembako dan lainnya. Alhamdulillah meski tidak banyak namun ada saja.

Berbicara #BeraniBaik berbagi saya jadi ingat Dompet Dhuafa yang selalu mengajarkan saya untuk #Beranibaik berbagi dan peduli terhadap sesama. Kenal dengan Dompet Dhuafa sendiri semenjak beberapa tahun lalu dimana saya terjun langsung ke tempat binaan Dompet Dhuafa di daerah Subang Jawa Barat kalian bisa baca dimana saya melihat langsung Kebun Indonesia Berdaya nah dari sanalah saya mulai mengenal lebih dekat Dompet Dhuafa dan Alhamdulillah berkunjung tempat lainnya.

Ya, Dompet Dhuafa adalah Lembaga Zakat Indonesia yang terpercaya dan amanah untuk menyalurkan ZISWAF yang berdiri sejak 1993 ini merupakan lembaga zakat terpercaya menurut saya karena dana umat memang dikelola dengan baik dan nyata, saya sendiri sudah melihat tempat-tempat binaan Dompet Dhuafa dari dana umat. 

Dulu, saya pikir kalau ingin wakaf itu harus memiliki dana yang berjuta-juta atau memiliki dana banyak, namun ternyata tidak lagi lho, dengan uang Rp 10.000 rupiah kita sudah bisa wakaf lewat Dompet Dhuafa. Iya, beneran lho hanya dengan Rp 10.000 rupiah kita bisa wakaf dan insya Allah amanah karena Dompet Dhuafa sendiri memiliki 130 lebih program berdayakan umat. 




Ya, untuk membangun negeri kita tidak hanya fokus sama pemerintah saja, kita perlu bergandeng tangan membangun negeri, membantu saudara kita lewat program berdaya.  Lalu apa saja sih programnya? 

Pendidikan

Beastudi Etos
Beastudi Bakti Nusa
Sekolah Literasi Indonesia
Makmal Pendidikan
SMART Ekselensia

Ekonomi

Karya Masyarakat Mandiri
Grant Making
Klaster Pertanian Indonesia Berdaya
Institut Kemandirian

Kesehatan

RS Rumah Sehat Terpadu
RS AKA MEDIKA Sri Bhawono
Klinik Gratis untuk Dhuafa
RS Mata Ahmad Wardi Serang
RS Lancang Kuning Riau
RS Sayyidah, Jakarta TImur

Sosial Budaya

Barzah, Layanan Ambulans Jenazah Gratis
Layanan Mustahik

Dakwah :

Dai Nusantara
Dai Ambassador
Pesantren Mualaf Indonesia





Kalau dilihat dari programnya benar-benar berdaya banget ya untuk masyarakat dan belum lama juga Dompet Dhuafa mengadakan Kampanye Humanesia dimana Dompet Dhuafa ajak komunitas bantu sesama lewat Community Festival 2021 #BeraniBaik 

Ya melalui kampanye ini masyarakat diajak berbagi kebaikan dengan wakaf Rp 10.000 melalui Dompet Dhuafa. Lewat festival ini juga Dompet Dhuafa menggelar banyak program seperti para tangan tangguh berupa bantuan modal usaha guna menguatkan keluarga dan mereka yang terdampak covid-19 khususnya penyandang disabilitas pemimpin keluarga. Luar biasa ya, setara segelas kopi kita juga bisa wakaf untuk pembangunan sekolah, mesjid dan fasilitas umum yang mampu membantu para dhuafa dan masyarakat yang membutuhkan. 

Saya sendiri Alhamdulillah bisa dibilang rutin menyisihkan rezeki untuk wakaf produktif lewat Dompet Dhuafa karena ya saya percaya bahwa lembaga ini amanah. Untuk wakaf sendiri biasanya atas nama alm. mama, Papa dan saya sendiri ( maaf ini bukan riya ya teman). Selain amanah, untuk donasi sendiri lewat Dompet Dhuafa juga sangat mudah dan metode pembayaran juga banyak pilihannya kita bisa pilih online payment dan transfer bank juga.  Jika ingin berdonasi zakat/wakaf bisa klik ini https://donasi.dompetdhuafa.org/wakaf/

Sesungguhnya sharing kali ini sebagai pengingat untuk saya selalu #BeraniBaik berbuat kebaikan kepada sesama tetapi juga saya ingin mengajak kalian untuk #BeraniBaik melakukan hal yang sama karena kebaikan yang kita lakukan itu akan kembali kepada kita. Dan jika kita meninggal nanti insya Allah segala amal kebaikan, wakaf yang kita keluarkan terus mengalir membantu kita di alam kubur dan jannah nanti, Aamiin ya Allah. Yuk mulai #BeraniBaik untuk sesama bersama Dompet Dhuafa! 

7 komentar

  1. BeraniBaik ini bagus banget untuk disebarluaskan. Kebaikan sekecil appaun kalau disebarluaskan akan memepengaruhi orang lain juga sehingga harapannya di dunia ada banyak orang untuk berani berbuat baik juga dan membagikannnya, begitu seterusnya.

    BalasHapus
  2. Berbuat baik itu akan kembali kepada kita ya kebaikannya. Jadi insyaa Allah gak pernah ada ruginya ya Mbak kalau kita berbuat baik.
    Program-programnya Dompet Dhuafa luar biasa. Semoga akan semakin banyak orang yang berbuat baik bersama DD :)

    BalasHapus
  3. Harus begini, Mbak, mesti ada orang yang saling menyemangati untuk bisa begerak dalam kebaikan. Kalau bergerak sendiri mungkin berat, tapi kalau sama-sama bakalan lebih ringan dan dampaknya lebih terasa. Misalnya wakaf 10.000 akan jadi besar kalau kita ajak orang banyak. Jadi kangen Bogor nih dulu suka lewat Rumah Sehat milih Dompet Dhuafa di Parung. Plus Beasiswa Etos yang sudah legendaris di kalangan pelajar. Salut dengan DD yang terus berjuang dalam kebaikan.

    BalasHapus
  4. semoga makin banyak yang tertular hastag BeraniBaik sehingga makin banyak yang tertolong terutama bagi yang ingin melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi demi masa depan yang lebih baik

    BalasHapus
  5. Programnya Dompet Dhuafa makin banyak ya. Dan menjangkau jauh lebih banyak orang yang membutuhkan jadinya karena divertifikasi program.

    BalasHapus
  6. Mungkin bagi kita 10 rb kelihatan kecil tapi bagi yang membutuhkan jumlah segitu sangat berarti yaa. Bener banget yang namanhya wakaf gk perlu nunggu kaya, berapapun kita wakafkan asal ikhlas pasti pahalanya jg dapat yaa

    BalasHapus
  7. Jumlahnya bisa dimulai dari nominal terkecil yaa..kak. Asal didawamkan.
    Ini bagus sekali, menantang kita semua untuk berani melangkah pada kebaikan.

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉