Pentingnya Asuransi Untuk Generasi Milenial


"Nikmati sepuas-puasnya masa muda sebelum punya anak dan keluarga serta menua", ada yang pernah dengar kalimat ini gak? Kalau saya sih pernah dengar kalimat tersebut dan memang masih banyak anak muda apalagi generasi milenial yang memang banyak menghabiskan waktunya untuk hangout dan lebih memikirkan content lifestyle untuk sosial media. 


Dan tau gak sih kalau berdasarkan data dari Good News From Indonesia 2020, milenial merupakan generasi yang  menyukai belanja online dan menduduki di posisi pertama. Hal ini ditandai dari 47 juta milenial  pengguna internet, sebanyak 7,8 juta atau 17% diantaranya menyukai belanja online. Hayooo.. Kamu diantaranya apa bukan? Hehe. 


Dilihat dari data tersebut bahwa milenial masa kini tidak lepas dari gaya hidup konsumtif yang  didominasi oleh pembelanjaan online. Jika kegiatan ini berlangsung dalam kurun waktu yang  lama, tentu akan mengganggu keuangan sehingga milenial kurang bisa memaksimalkan  kesempatannya untuk menabung, memiliki asuransi, dan berinvestasi.


Tidak hanya mereka saja, saya juga dulu gitu kok hehe tapi jarang banget nongkrong yang gak penting, kalau nongkrong pun paling membicarakan hal penting seperti mengenai pekerjaan atau sekedar sharing. Kalau dulu mungkin ga kepikiran mengenai investasi, nabung apalagi asuransi tapi semenjak memiliki anak makin sadar bahwa penting banget yang namanya investasi apalagi asuransi. 


Menyesal? Huhu ada sih sedikit kenapa bukan dari dulu gitu loh tapi sekarang sih sudah alhamdulillah punya asuransi kesehatan saya dan anak-anak. Generasi milenial mungkin mereka belum tahu atau aware mengenai pentingnya memiliki asuransi karena masih beranggapan bahwa yang punya asuransi sudah berkeluarga saja padahal justru memiliki perlindungan jiwa dan kesehatan di masa depan, milenial perlu  mempersiapkan asuransi sejak dini, kenapa? Nih tak kabarin yes. 


FWD Insurance membagikan 4 alasan mengapa  asuransi penting bagi milenial : 



1. Meminimalisasi risiko yang terjadi 


Untuk para milenial, apalagi mereka yang telah memulai keluarga muda, asuransi  merupakan aspek penting dalam manajemen risiko dan keuangan keluarga. Sebagai  contoh, biaya pengobatan yang mahal dan risiko kehilangan tulang punggung  keluarga.  

Biaya pengobatan yang mahal dan risiko kehilangan tulang punggung keluarga dapat  berdampak signifikan bagi keuangan keluarga, apalagi bagi keluarga muda yang  masih merintis. Asuransi akan memberi perlindungan ketika kamu mengalami risiko di  kemudian hari. Perlindungan yang didapatkan tergantung dari jenis asuransi yang  kamu pilih. 

2. Premi asuransi yang terjangkau 


Salah satu pertimbangan mengapa seseorang harus memiliki asuransi selagi muda  adalah karena biaya premi yang relatif lebih murah. Ketika seseorang mengambil polis  asuransi, salah satu kalkulasi yang diterapkan adalah riwayat kesehatan. 


Milenial usia  20 atau 30-an tahun cenderung memiliki riwayat kesehatan yang lebih baik ketimbang  golongan usia di atasnya. Sehingga, mereka lebih terhindar dari risiko sakit kritis atau  kematian yang berpotensi menghabiskan biaya perawatan yang besar. 

Alasan kedua adalah mereka belum punya banyak tanggungan. Makanya mumpung  masih muda, pendapatan bisa dialokasikan untuk pos-pos pengeluaran yang lebih  penting seperti memiliki asuransi. 

Di era teknologi seperti sekarang, semua orang ingin cepat memperoleh sesuatu. Pas  banget, FWD Insurance menawarkan perlindungan yang bisa kamu beli secara online. Nikmati diskon Hari Kasih Sayang 25% dari periode 14  -

18 Februari di berbagai produk FWD insurance seperti Asuransi Bebas Handal, FWD  Cancer Protection, Bebas Rencana, & Bebas Aksi (tidak termasuk Bebas Aksi Flash)  dengan menggunakan kode promo di website fwd.co.id

3. Menawarkan perlindungan 


Asuransi akan memberi perlindungan ketika kamu mengalami risiko di kemudian hari. Perlindungan yang didapatkan tentu tergantung dari jenis asuransi yang kamu pilih. 


Nah kalau kamu memilih asuransi kesehatan, maka kamu akan mendapat perlindungan  pada penanganan kesehatan. Sedangkan untuk asuransi jiwa, perusahaan asuransi  akan menanggung resiko bila nasabah meninggal dunia. 

FWD Insurance memiliki produk asuransi kesehatan bernama FWD Hospital Care  Protection. Produk ini memberikan perlindungan menyeluruh untuk pelayanan medis  rawat inap dan rawat jalan serta serangkaian fasilitas rehabilitasi termasuk perawatan  ekstra. 

Nasabah dapat memilih berbagai pilihan layanan berdasarkan wilayah  geografis dan manfaat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tingkat resiko  kesehatan mereka. 

Selain itu, produk ini juga memberikan manfaat tambahan lain yakni limit booster, no  claim bonus dan santunan pemakaman. Untuk memberikan kemudahan bagi  nasabah, produk ini juga didukung jangkauan perlindungan di seluruh dunia serta  pengajuan klaim melalui aplikasi FWD MAX. 

4. Mengatur pengelolaan keuangan 


Daripada membeli kopi kekinian dan minuman boba setiap hari yang bisa nambah penyakit dan dompet kosong, kamu bisa  mengalihkan keuangan untuk hal yang bermanfaat, seperti asuransi. 


Dengan memiliki  asuransi, uang yang kerap digunakan untuk gaya hidup semata, bisa kamu gunakan  untuk membayar premi asuransi setiap bulannya. Dengan begitu,  bisa  merasakan manfaat dan mendapat perlindungan di kemudian hari. 


Yups, diatas adalah 4 alasan mengenai pentingnya asuransi bagi generasi milenial. Setelah mengetahui  mengapa asuransi penting untuk milenial, sekarang saatnya kamu memberi perlindungan  untuk diri sendiri dan keluarga. 


Untuk memilih asuransi juga pastikan sesuai kebutuhan dan budget kamu yes karena masing-masing keluarga memiliki kebutuhan yang berbeda.



18 komentar

  1. 4 alasan yang mendasar banget ya, perlu diketahui oleh para milenial. Eh tapi kaum generasi X seperti saya ini masih harus belajar banyak sih. Thank you for sharing, Mbaak.

    BalasHapus
  2. Waktu saya muda dulu juga boro2 mikirin asuransi hehe... Sekarang malah anak.milenial sudah harus bisa memikirkan tentang asuransi ya, katena asuransi bukan hanya untuk yang sudah berkeluarga saja

    BalasHapus
  3. asuransi memang sebaiknya untuk siapa saja yaa termasuk generasi milenial. karena memang proteksi itu penting banget sih ya mba amel

    BalasHapus
  4. Terima kasih mba..mengingatkan tentang pentingnya asuransi nih.. Kemarin sih aku msh maju-mundur mo milih asuransi..ternyata sekarang makin terbuka mata. Terima kasih mba..

    BalasHapus
  5. Bener banget, karena asuransi itu polisnya dibeli saat kondisi sehat, ya keuangan, ya fisik. Agar saat sakit ada yg melindungi. Tinggal pilih yg sesuai ya.

    BalasHapus
  6. Thank you referensinya. Sedih juga sejak suami pindah kantor, yg dibayarin kantor cuma asuransi kesehatan yg dari negara itu. Padahal asuransi swasta enak banget, pagunya pasti lebih tinggi, pilihan faskesnya yg bagus2:((

    BalasHapus
  7. Iya banget. milenial pun, walopun pada masih muda, udah harus punya asuransi. Penting banget ini. Pasti kerasa deh gimana susah dan upredictable-nya masa pandemi ini. Penghasilan banyak berkurang, kebutuhan tetap banyak, tabungan mulai terkuras, eh kesehatan juga berisiko. Wajib punya asuransi. Dan yang penting, asuransinya kudu yang terpercaya. Biar yakin dan gak bermasalah ke depannya.

    BalasHapus
  8. gaya hidup konsumtif di era sekarang ini memang tidak dipungkiri bagi kaum milenial ya mbak. Iya setuju, penting banget punya asuransi.. terimakasih sharingnya ya mbak.

    BalasHapus
  9. asuransi ini sudah menjadi kebutuhan pokok yaa. Dan sebaiknya sejak muda memang sudah daftar asuransi yaa

    BalasHapus
  10. Penting sekali memang asuransi ini buat milenial ya mba. Aku juga pun menyadarinya. makasih informasi dan pengingatnya ya mba :)

    BalasHapus
  11. Untuk asuransi kesehatannya itu, kalau misalnya masa 'kontrak'nya sudah selesai sementara alhamdulillah kita tidak sakit dan tidak pernah klaim, apakah ada premi yang masih bisa ditarik kembali walau tidak full sesuai yang disetor Mbak?

    BalasHapus
  12. Pas zaman pandemi gini jd makin menyadari kalau yang namanya asuransi itu penting yang mbak krn masa depan masih belum jelas, kdng ada aja yg gk sesuai rencana.FWD ini salah satu asuransi yang preminya terjangkau dan mudah cara pembeliannya ya TFS

    BalasHapus
  13. aku sekarang bener2 terbantu sama asuransi khususnya asuransi kesehatan karena anakku sekarang dirawat di RS dan membutuhkan banyak biaya. Belum lagi dilanjut terapi. Emang generasi saat ini kudu melek asuransi, dan setuju lebih baik duitnya buat bayar premi daripada keseringan beli minuman kekinian yang harganya hampir sama kayak premi hehe

    BalasHapus
  14. terlepas dari usia, memang ada baiknya kita memiliki pengetahuan yang baik dan mendalam tentang asuransi dan manfaatnya untuk kita ya

    BalasHapus
  15. edukasi soal asuransi, harus dimasifkan di Indonesia dan harus juga dihilte soal pengertian 'Asuransi itu bukan tabungan, tapi proteksi".

    BalasHapus
  16. Gaya hidup generasi milenial itu kadang lebih boros karena mereka senangnya yang serba praktis. Jadi memang sudah seharusnya mereka diberi pengertian tentang pentingnya asuransi. Supaya mereka bisa mempersiapkan keuangan di masa depan, ya..

    BalasHapus
  17. waaah.....ternyata udah produktif sejak dini ya, Mbak Amel. Nongkrong2nya penuh faedah teruuuus. xixixi.

    dengan punya asuransi, rasanya tuh hidup emang lebih tenang. aku pelan2 nyisihin buat bayar asuransi, mbakk.

    BalasHapus
  18. Generasi masa kini kudu banget belajar banyak hal.
    Dengan perencanaan yang baik mengenai finansial, diharapkan masa depan pun bisa lebih aman, gak ada lagi sandwich generation.

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉