Cara Keluar Masalah Tanpa Drama by Komang Ayu

 


Hidup memang gak bisa kita tebak, banyak banget gak sesuai ekspetasi ada saja masalah dan drama yang menguras tenaga dan pikiran. Tapi ya namanya juga hidup memang pasti saja ada masalah. Tapi bisa gak sih keluar dari masalah tanpa drama? Jawabannya bisa! 


Alhamdulillah, disaat mendapatkan cobaan saya mendapatkan insight membuat saya menjadi lebih positif lagi memandang hidup. Yup, beberapa waktu lalu saya mengikuti online class bersama Coach Komang Ayu, Counselor Life & Wellness. 


Hidup itu panggung sandiwara, kebanyakan dikehidupan kita tuh seperti tidak berhenti oleh masalah. Dan hampir semua orang pasti ingin tidak ada masalah. Lalu masalah itu apa sih? 




Masalah adalah  sebuah pernyataan mengenai kondisi dan situasi yang dianggap belum / tidak sesuai dengan dengan yang diharapkan dan dianggap sebagai  suatu hal yang perlu diselesaikan atau dipecahkan. Poin yang kita dapat dari diatas adalah masalah sebuah pernyataan mengenai kondisi.  Suatu hal atau kondisi atau situasi itu sebuah masalah. Jadi misalnya jika kita menemukan sebuah kondisi atau situasi kita berucap "Wah masalah nih, wah bisa jadi masalah nih", nah itu sebuah pernyataan kita saja kadang masalah itu. 


Jadi masalah muncul ketika menyatakan sebagai sebuah masalah. Kalau kita tidak menyatakan suatu hal atau kondisi tersebut itu adalah masalah, itu bisa jadi masalah atau tidak juga dan itu tergantung pandangan kita mengenai kondisi tersebut. 

Cara pandang kita atau mindset cukup mempengaruhi suatu kondisi menjadi sebuah masalah yes. Makanya hati-hati dengan ucapan karena ucapan adalah doa.
Jadi kalau bilang gampang suatu kondisi maka akan gampang juga. Pokoknya hati-hati sama ucapan kita. 

Lalu tentang drama, nah drama sendiri tuh apa sih sebenarnya? . Hmm.. Sering kali kita mendapatkan sebuah tulisan atau kondisi drama banget atau suka dilebih-lebihkan, seperti meluap-luap, penuh tangisan dan seperti drama banget. Dari semua yang disebutkan kita mulai mengerti ternyata drama menurut orang lain dan kita itu berbeda-beda. 




Lalu drama itu apa sih? 

Drama memiliki 2 makna yang pertama adalah drama memaknai sebuah karya seni yang menggambarkan, mengilustrasikan suatu prilaku atau sumber cerita sebuah kehidupan. Lalu arti drama satu lagi adalah Bersifat situasi yang melibatkan suatu perasaan serta emosi. 

Nah makanya dari itu diluaran sana tuh banyak yang kenapa sih drama banget? Ya karena situasi atau kondisi mereka jadi suatu masalah berisi perasaan dan emosi yang menggebu-gebu menimbulkan drama. 


Lalu bagaimana sih keluar dari masalah tanpa drama? 


Okeh, poin yang pertama dulu dari pembahasan yaitu masalah adalah suatu pernyataan mengenai kondisi atau situasi lalu Drama adalah suatu perasaan atau emosi yang menggebu-gebu. Semua perlu disadari dulu masalah itu apa dan drama itu apa. 

Faktor yang mempengaruhi terciptanya Masalah dan Drama : 

  • Informasi berpengaruh terhadap pola pikir kita. 
  • Pemaknaan dari situasi atau kondisi ( apa yang ada dalam pikiran menciptakan getaran magnetik sehingga menarik hal-hal yang akhirnya menciptakannya menjadi realita). 
  • Reaksi / Respon ( dari hasil pemaknaan informasi tersebut biasa nya muncul perasaan dan emosi yang menyebabkan memunculkan sebuah respon tertentu misalnya marah, tangis, kekerasan , pingsan dan lainnya. 

Faktor mempengaruhi dalam menemukan solusi untuk keluar dari masalah dan drama : 

  • Tenangkan diri ( netral kan diri) 
Kenapa tenangkan diri dan netral kan diri? Karena kadang kita hanya menenangkan untuk diri kita saja kita tidak menetralkan diri. Kalau netral itu posisinya adalah kita tidak ada rasa respon perasaan atau emosi tertentu. Kalau tenangkan diri paling tarik nafas, me time, wudhu dan lainnya. Bagaimana cara menetralkan diri? Perlu cek kedalam diri kita apakah persepsi kita sudah cocok dengan kondisi yang ada. 

  • Sadari 
Menyadari oke ini adalah sebuah kondisi, oke masalah itu kondisi, oke dan drama adlaah sebuah emosi di sebuah kondisi. Jadi perlu sadari dulu ya agar menyadari apakah saya sedang marah atau kecewa. Kalau tidak sadari perasaan kita tidak rubah apa yang milik kita makanya setelah tenangkan diri kemudian sadari. 

  • Aksi ( in control) 
Setelah tenangkan diri, menetralkan diri lalu sadari kemudian adalah aksi dalam menyelesaikan satu -satu caranya kita bisa bertanya kepada diri sendiri apa sih yang kita punya dalam diri bisa aku berikan? Apa sih yang aku bisa lakukan? Apa yang dibutuhkan pada posisi ini. 

Jadi tanya kepada diri kita sendiri bertanya apa yang bisa kita lakukan keluar dari masalah ini. Yups fokus di aksi karena dengan aksi bisa menjadi perubahan lebih baik lagi. Jika memang kondisinya tidak seperti yang kita harapkan jadi apa yang harus kita lakukan lagi atau pengaruhi kondisi ini menjadi seperti yang saya harapkan. 


Yups, untuk keluar masalah tanpa drama adalah tergantung oleh sikap kita sendiri dari memandang suatu kondisi atau situasi lalu lakukan apa saja agar kondisi tersebut lebih baik. Dengan mengikuti online class bersama Coach Komang Ayu 
Saya jadi paham bahwa semua tergantung kita sendiri. 



Nah buat kalian yang ingin mengikuti online class bersama Coach Komang Ayu bisa ikut online class dengan tema "Rahasia Temukan Potensi Diri untuk Berkreasi di Masa Sulit " . Untuk lebih lengkapnya bisa cek di flyer ya 😘






16 komentar

  1. Begitu, ya. Menyelesaikan masalah memang harus tenang, sih. Biar jelas masalahnya apa dan lebih gampang cari solusi

    BalasHapus
  2. Masalah akan selalu ada dalam hidup, tapi semoga bukan masalah besar. Kalau toh tak bisa menghindari masalah besar, semoga ada penyelesaian dengan seminimal mungkin pengorbanan. Aamin.

    BalasHapus
  3. Baguuuus banget materinya Mbak Amel.... Kadang kalau terjebak drama, energinya jadi terserap ke dramanya ya, melebar lebar malah ga fokus cari pemecahan masalahnya. Thanks sharingnya mbaaa!

    BalasHapus
  4. Kalau punya masalah biasanya saya menenangkan diri terlebih dahulu kemudian saya merenungkan masalah tersebut dan mencari solusi untuk masalah tersebut.

    BalasHapus
  5. Yeay, yang disampaikan di tulisan mbak Amel aku setuju semua..utamanya kita harus mindful dan belajar sadari kondisi mana yang jadi masalah, dan kapan ketika dia membelok menjadi drama.

    BalasHapus
  6. Bagus banget materinya. Penting banget loh untuk tau potensi dalam diri, supaya bisa maksimal juga utk berkarya 😍

    BalasHapus
  7. Setiap masalah yang kita hadapi harus dihadapi dengan tenang ya mba kuncinya dan ternyata seru banget tips cara keluar masalah tanpa dramanya, semoga kita bisa melewati semua ujian dengan sabar ikhlas ya Mba aamiin

    BalasHapus
  8. Masalah memang bumbu kehidupan, hidup tanpa masalah seperti makanan yang hambar ...lempeng terus hahaha....Jadi hadapilah masalah karena itu ujian utk meningkatkan level kita ya Mba.. :D

    BalasHapus
  9. Suka stres sendiri saya kalau menghadapi masalah yg banyak dramanya. Pengen juga mempelajari teknik tenang ala coach Komang Ayu ini biar gak stres kalau menghadapi masalah nantinya

    BalasHapus
  10. yes betul, keluar dari masalah tanpa drama bisa banget asal kitanya tenang dan fokus cari solusinya. Menghadapi masalah memang gak mudah, apalagi kalau soal kesehatan. Fisik, pikiran dan hati rasanya kayak terkuras.

    Tapi saya percaya kalau Tuhan ngasih ujian ke manusia, pasti ada penyelesainnya. Tinggal bagaimana kita menanggapinya saja.

    Thankyou sharingnya mba, saya jadi pengen ikutan kelasnya Coach Komang juga.

    BalasHapus
  11. Mba, kadang kita pun tak tahu apa potensi kita. Dan memang dengan mengikuti kelas seperti ini jadi bisa lebih banyak potensi diri yang bisa diketahui ya mba

    BalasHapus
  12. Bagian menenangkan diri justru menjadi gerbang untuk sikap yang akan kita ambil kemudian yaa..
    Mau impulsif atau tidak.

    Semoga dengan selalu ada pengendalian diri, kita bisa senantiasa berfokus pada jalan keluar. Untuk hal-hal lain di luar kendali kita, BYE dulu..

    BalasHapus
  13. Makasih kak Amel udah di sharing tipsnya, dari coach Komang. Allhamdulilah banget ya, jika mengatasi masalah tidak dengan grusa grusu.

    BalasHapus
  14. Ini menarik banget nih, dan perlu banget biar gak kebanyakan drama di real life. Dramanya di kdrama aja... hahaha. Aku mau ikutan ah kelas bertema Rahasia Temukan Potensi Diri untuk Berkreasi di Masa Sulit.

    BalasHapus
  15. kita tidak pernah bisa menghindar dari masalah tapi kita bisa selalu semangat untuk mengatsinya dan mencari solusi terbaik

    BalasHapus
  16. Yg pasti di saat sedang marah dan emosi, aku ga akan mau membuat keputusan apapun dulu. Krn takut itu hanya kebawa dari reaksi emosi yg terjadi. Bukan Krn hasil pemikiran matang. Takut menyesal.

    Makanya di saat marah, aku lebih suka jauh2 dulu dari orang lain dan gadget mba. Kuatir tiba2 tangan melakukan hal2 yg bisa disesali nanti 😊

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉