Ngopi Asik di Dapur Solo Cabang Matraman

 


Ngariung kata dari bahasa sunda yang memiliki arti berkumpul ini salah satu kebiasaan keluarga kami kalau ada yang dapat rezeki lebih atau hanya sekedar berkumpul silaturahmi. Sepertinya tidak hanya keluarga saya saja ya, berkumpul juga sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia dari berbagai daerah. Banyak acara besar atau acara adat yang mengharuskan semua berkumpul. Tidak jauh-jauh, acara arisan saja biasanya berkumpul bukan? hehe. 


Untuk berkumpul sendiri biasanya sih di rumah, cafe atau rumah makan karena seakan jadi tradisi kalau berkumpul itu pasti makan-makan. Untuk makanannya sendiri tidak jauh-jauh sih paling menu masakan kampung halaman Jawa Barat atau Jawa Tengah gitu. Saat pandemi lalu intensitas berkumpul berkurang, namun saat ini karena semakin membaik jadi kembali lagi deh acara kumpul keluarga. 


Salah satu rumah makan yang wajib kalian kunjungi yaitu "Dapur Solo", nah saat mendengar tempat itu apa sih yang kamu pikirkan? saya sendiri jujur ya dulu sebelum mampir ke Dapur Solo saya pikir di sana hanya menyajikan makanan khas Solo saja  namun setelah berkunjung ternyata baru tahu kalau ada banyak makanan khas Jawa yang tersedia di sini dan tak heran sesuai dengan taglinenya Ahlinya Masakan Jawa. 


Masakan dari Barat dan Timur Jawa ada di Dapur Solo, saya sendiri kalau kangen masakan kampung sesekali bersama keluarga mampir makan bersama di Dapur Solo dan biasanya kami makan di Dapur Solo Bintaro X Change karena dekat dari rumah dan sekalian nge-mall juga. Alhamdulillah ada pengalaman baru nih tentang dapur Solo, jadi minggu lalu saya berkunjung ke Dapur Solo cabang Matraman dalam rangka Ngopi Asik bersama teman blogger. 



Saat menginjakkan kaki di Dapur Solo cabang Matraman saya cukup terkesima karena cukup besar ya dan ternyata cabang ini mengusung konsep baru dimana lebih lengkap fasilitasnya seperti Mushola, Ruangan meeting, ruangan serbaguna yang cocok untuk acara tunangan atau ulang tahun, smoking area di luar , parkiran yang luas di depan dan belakang. Dapur Solo cabang Matraman ini bisa menampung sebanyak 250 pengunjung. 


Dengan kapasitas yang banyak dan fasilitas yang lengkap jadi pengunjung tidak hanya menikmati hidangan saja tetapi bisa menikmati semua fasilitasnya. Nah untuk interiornya sendiri kamu yang sering ke dapur Solo pasti tahu banget kalau setiap outletnya itu pasti ada sentuhan tradisionalnya. Yups, begitu pula di Dapur Solo Matraman ini, nuansa Tradisional Modern sangat kental. Design Interiornya cukup bagus dan terasa hangat. Di banyak sisi ada hiasan batik Solo, di semua ruangan juga interiornya ada sentuhan ukiran dan hiasan batik tradisional. 



Dengan interior yang bagus, tempat yang bersih dan nyaman pasti buat pengunjung betah disini. Untuk makanannya sendiri jangan bingung karena ada berbagai menu makanan khas Jawa yang bisa kita pilih. Nah kemarin saya makan Nasi Langgi Solo, hidangan ini cukup lengkap isinya ada abon sapi, empal daging sapi, balado kentang, keripik kentang yang sudah dikasih bumbu, telur dadar yang diiris kecil, lalapan dll. Cukup besar porsinya dan makanannya juga enak-enak, untuk harganya juga cukup afordable di kantong yes. 




Kalau kamu ke Dapur Solo jangan lupa ya mencoba aneka minumannya dan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai Kopi ala Dapur Solo. jadi ada beberapa menu minuman yang bisa kita nikmati di dapur Solo yaitu Kopi Klotok, Es teh Leci, Teh pandan Jawa, Kopi rempah, Es Kopi Susu Coffee Jelly,  Kopi Susu Spesial Gula Aren, Kopi Alpukat Gula Aren dan Kopi Hitam Putih ( menu baru yang akan ada di Dapur Solo ). 


Alhamdulillah saat Ngopi Asik kemarin saya melihat secara langsung bagaimana proses menu Kopi Dapur Solo di buat oleh baristanya langsung. Ok, jadi kopi yang digunakan di Dapur Solo ini kopi asli Indonesia ya dengan biji kopi pilihan dan perbandingannya yaitu 70:30 Robusta, Arabica jadi rasa kopi agak strong dan cocok untuk pecinta kopi. 



Ada yang berbeda dari kopi buatan coffee shop biasanya ya, nah untuk proses pembuatan dari mulai roasting, giling dan brewing ini masih manual. Kalau kalian pecinta kopi pasti tahu rasa kopi yang dibuat oleh manual dan mesin itu beda. Rasa kopi nya itu lebih pekat dan harunya juga lebih kuat ya. Untuk itu buat kamu yang ingin ngopi di sini harus makan dulu yes hehe. 




Es Kopi Spesial Susu Gula Aren, nah ini menjadi menu minuman kopi signature dari Dapur Solo. Terbuat dari biji kopi pilihan yang dibuat manual ini dicampur dengan susu premium atau pilihan, jadi susunya itu dipilih yang lebih creamy sehingga menghasilkan perpaduan yang enak. Untuk tingkat kemanisan juga kita bisa request lho. Selain rasa kopinya yang pekat, rasa gula arennya juga benar-benar terasa sih. Jujur saja saya lebih suka gula aren dibandingkan gula pasir biasa karena harum dan rasanya itu beda. 





Kopi Alpukat Gula Aren, this untuk pertama kalinya saya mencoba Alpukat dicampur kopi. Rasanya duhhh bikin nagih dan ternyata enak banget ya. Jadi kopi ini dibuat dari buah alpukat yang di haluskan bersama es batu lalu dicampur dengan kopi. Dalam penyajiannya yaitu di pisah ya, jadi untuk kopinya itu di gelas kecil, konsep ini bagus juga sih karena pengunjung bisa menakar sendiri seberapa banyak kopi yang akan dicampurkan. 


Minum kopi rasanya kurang pas kalau tidak sama cemilannya, nah di Dapur Solo kamu bisa pilih cemilan Sorabi Solo dengan aneka rasa dan Sosis Solo. Dua cemilan ini bisa dibilang the best of cemilannya sih karena rasanya itu taste banget dan gak heran kalau 2 cemilan ini juga cemilan yang selalu di pesan saya kalau ke dapur Solo. Untuk masalah harga gak usah khawatir ya gaes karena menu makanan dan minuman di Dapur Solo afordable kok. 


Ok, sekian dulu yes cuap-cuap kali ini mengenai Dapur Solo. Nah buat kamu yang mau hangout ngopi, meeting, acara ultah atau tunangan bisa banget nih di Dapur Solo cabang Matraman. 



Dapur Solo Matraman 

Jl. Matraman Raya No. 18, RT 2/ RW. 1, 

Kb. Manggis, Kec. Matraman, 

Jakarta Timur. 

Telp ( 021 ) 29822196




5 komentar

  1. Beneran sih. Pertama dengar atau baca Dapur Solo. Yang terlintas dalam benakku adalah masakan atau olahan Jawa. Terus suasananya tradisional banget gitu. Asyik pasti jadi tempat nongkrong.

    BalasHapus
  2. Mau bgt ajak suami plus anak kesini nyobain menu barunya Dapur Solo
    dapur Solo yaitu Kopi Klotok, Kopi Susu Spesial Gula Aren, Kopi Alpukat Gula Aren sama Sorabi dan Sosis Solo nya, penampakannya menggoda semua

    BalasHapus
  3. tempatnya look cozy banget sih, enak nyaman kayaknya nongkrong cantik dengan sahabat atau pasangan dan juga keluarga ya mba

    BalasHapus
  4. Rumah makan yg begitu khas dgn sajian nusantara khususnya jawa. Ternyata yg dicabang matraman kelihatan luas ya dan designnya juga cukup bagus. Aku pernah mampir yg di cabang sunter

    BalasHapus
  5. Kopi Alpukat Gula Aren menggoda untuk dicicipi, kalau di Solo ada menu yg sama ga ya mba?

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉