Thursday, August 24, 2017

Melihat Perubahan Fisik dan Psikologis Masa Kehamilan Dari Aspek Positif

Ps : Hanya bergaya pegang perut 😂


"Duh,,kayaknya pengen soto mie deh".
"Pengen bakso Joko yang pedes kayaknya enak nih".
"Kayaknya aku pengen rujak mangga yang pedes deh".

Kalimat-kalimat itu yang masih terngiang sampai saat ini ketika saya lagi hamil Shakila dan Kezia.Saya ngidam berbagai makanan saat trisemester akhir.Banyak perbedaan dan juga persamaan saat saya mengandung Shakila dan Kezia.

Saat hamil Shakila kondisi saya cukup prima bahkan main basket dan lari pun masih cukup kuat.Waktu itu ga tau hamil dia ehh..pas tau hamil agak bengong sendiri sekaligus bersyukur kalu Shakila ga kenapa-kenapa dalam kandungan.Kalau saaat mengandung Kezia ini cukup parah karena saya selalu muntah dan mual sampai trisemester pertama.Berat badan pun drop terus saat hamil Kezia.

Pengalaman saat hamil hingga melahirkan hingga saat ini masih berasa sebuah keajaiban.Apalagi saat ngidam tengah malam, sedikit cerita saat hamil Kezia hampir setiap malam saya harus makan soto langganan saya yang lewatnya itu pukul 10 sampai 11 malam.Harganya yang murah dan rasanya yang enak itu yang membuat saya ketagihan.Tapi suami kala itu ya manut aja soalnya makanan selain itu susah masuk.

Katanya sih ngidam itu hanya mitos dan bahkan ada yang bilang "ahhh,,itu mah istrinya aja yang lagi mau di manja sama suami" hehe.Saya sendiri dulu percaya kalau ngidam iu mitos tapi ternyata ngidam sendiri  bisa dibuktikan lho secara ilmiah dan itu bukan mitos semata.Semua pembuktian itu saya dapatkan diacara blogger dan media gathering bersama SGM Bunda pada tanggal 24 Agustus 2017 di Aston Hotel at Kuningan Suites, Jakarta.



Acara yang diawali makan siang ini sangat menarik karena mengupas tuntas mengenai masa kehamilan dan perubahan fisik dan psikologis pada ibu hamil.Mengenai ngidam bukan mitos saya dapatkan dari pemaparan Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K).Beliau mengatakan bahwa ngidam merupakan hal wajar bagi ibu hamil, biasanya dipicu oleh meningkatnya Peptida Opiod Endogen (PEO).

PEO sediri memiliki hubungan kuat dengan asupan makanan.Yang jadi permasalahnya adalah biasanya kalau ngidam para ibu hamil kurang megontrol asupanya.Maka dari itu diperlukan usaha untuk mengontrol asupan makananya.Karena Bunda adlah satu-satunya sumber nutrisi untuk si Kecil.

Faktor nutrisi berperan besar di masa kehamilan dalam mencetak "Blue-Print" manusia bahkan hingga 80% sedangkan genetik hanya 20%.Prilaku dan gaya hidup ibu hamil sangat berpengaruh untuk si Kecil terutama mulai dari trisemester pertama.Pada trisemester in kebtuhan nutrisi sebaiknya terpenuhi karena pada masa ini pertumbuhan janin lagi pesat terutama otaknya.




Memang sih pada trisemester ini sebagian besar ibu hamil mengalami banyak masalah seperti mual, muntah, heartburn, konstipasi dan mulut pahit.Ya namanya juga hamil pasti tanda-tandanya juga kan ya mual, ya muntah-muntah dan ngidam.Ketika ngidam itu datang sebaiknya jangan asal makan ini itu, lihat nutrisinya, pikirkan si Kecil yang didalam perut juga ya.Baiknya sih saat hamil perbanyak makan sayur dan buah untuk memenuhi nutrisi tapi sebagai pelengkap bisa lah minum 1 gelas susu setiap harinya.

Inget banget dulu waktu trisemester pertama saya juga mengalami sering pusing, mual dan muntah-muntah dan cara meringankanya saya makan yang asem-asem agar tidak mual terus menerus.Tapi mual, muntah dan ngidam itu hal yang wajar kok.Selain faktor hormon yang berubah daya tahan tubuh ibu hamil juga berubah.

Tak hanya fisik yang berubah saat hamil tapi juga psikologis Ibu hamil juga berubah.Kehamilan mempengaruhi Mood para ibu hamil.Pakar psikolog keluarga, Tara de Thouars, BA, M.Psi memaparkan perubahan secara psikologis.Ada yang sangat bahagia ketika mengetahui hamil ada juga yang menganggap kehamilan merupakan sebuah tantangan.


Untuk yang berbahagia mungkin karena ibu hamil merasa bahwa kehamilan ini merupakan rejeki dan berkah.Masa kehamilan ini juga merupakan pengalaman baru dan mendapatkan respon positif dari lingkungan.Namun jika yang menajdikan masa kehamilan ini sebagai tantangan mungkin sang ibu tidak siap mengalami perbahan seperti perubahan fisik, ibu hamil juga ada rasa khawatir takut tidak mampu menjalani masa kehamilan ini dan bahkan berfikir yang takut jika terjadi hal buruk pada si Kecil .

Tapi percaya deh kalau masa kehamilan itu seperti halnya jatuh cinta, masa yang cukup unik, memang saat hamil Ibu memiliki emosi yang moody an ya..bisa di bilang sangat sensitif kalau kalimat yang ngetrennya sih "senggol bacok" haha.

Perubahan psikologis ini terjadi bermacam-macam tergantung trismester kehamilan.Pada masa perubahan ini diperlukan dampingan serta dukungan keluarga maupun lingkungan terutama Ayah.Peran ayah pada masa kehamilan bunda ini sangat penting.Sang ayah bisa melakukan hal-hal dibawah ini :
  • Siap menjadi teman curhat
  • Tunjukan kehadiran dan kesiapan dalam memberi dukungan
  • Ikuti proses tumbuh kembang janin agar lebih paham
  • "Don't take it seriously", tidak sensitif dan mencoba melihat perubahan dari aspek positif
Tugas utama yaitu saling menguatkan 

Dalam masa kehamilan dengan segala perubahan sebaiknya Ibu hamil bisa memanfaatkan momen ngidam untuk dapat mengontrol emosi jadi tidak hanya dari sisi konsumsi makanan saja namun juga bisa ngidam yang menginginkan perhatian dan kasih sayang.Ibu hamil itu perlu dukungan keluarga agar Bumil tidak merasa cemas, khawatir dan stress menghadapi masa kehamilan.

Jalani masa kehamilan dengan bahagia, sadar akan hal itu SGM Bunda mengangkat campaign Nutrisi Lezat Bunda Sehat.Saya pernah menuliskan tentang campaign ini saat saya di Cirebon, disana saya melihat sendiri bagaimana SGM Bunda ini memberikan edukasi dan USG gratis kepada bumil di pelosok negeri.Bahkan campaign ini juga mendapat rekor muri lh baca.Campaign Nutrisi Lezat Bunda Sehat .



Campaign Nutrisi Lezat Bunda Sehat ini berlanjut diadakan yaitu dengan menghadirkan Festival Ngidam SGM Bunda .Festival ini diadakan di dua tempat 1 sudah diakan di Surabaya dan satu lagi akan diadakan di Summarecon Mall Bekasi pada tanggal 2-3 September 2017.

Banyak aktivitas seru di Festival Ngidam SGM Bunda seperti Ngidam Jajan ( Ada banyak aneka minuman lezat dan bergizi, Demo masak oleh master chef), Ngidam Manja ( Ada area cantik, area relaksasi dan terapi musik), Ngidam Ketemu Artis (Ada brand ambassador dan bintang tamu artis), Ngidam Eksis ( Photo booth cantik, koalse foto cantik bunda hamil), Aktivitas Bunda ( Senam hamil, fashion show bumil dan busui, konsultasi nutrisi), dan Edukasi Bunda ( Akan ad talkshow mengenai cerdas menjaga kehamilan, nutrisi sehat untuk bunda dan si Kecil, Cara menghadapi psikologis kehamilan, mempersiapkan keuangan persalinan dan si Kecil, pijat laktasi).

Ayah dan Bunda bisa mengikuti Festival Ngidam SGM Bunda ini secara gratis alias tidak dipungut biaya.Tuk kan kapan lagi coba mengikuti aktivitas yang banyak manfaat secara gratis.Yuk lah catat tanggalnya jangan lupa datang tanggal 2-3 September 2017 di Summarecon Mall Bekasi.






14 comments:

  1. Wah jauh banget ya bekasi, hiks padahal pengen ikutan...
    Sementara au dari tangerang, uda kebawa pegel klo jauh je mb hehe

    ReplyDelete
  2. Kebetulan sepupu saya sedang ngidam hamil 6 minggu pasti senang nih diajak kesana. Thx ya infonya

    ReplyDelete
  3. Saya gak pernah ngidam saat hamil. Tetapi memang menyenangkan, sih. Saat hamil justru Saya gak khawatir dengan perubahan badan yang bertambah besar. Itulah kenapa saya bahagia hehehe

    ReplyDelete
  4. Wuiddiih, festivalnya menarik banget, sayang juauuuh yaaa. Antara pengen datang tapi mikir jarak, hahahaha. Ga lagi ngidam sih, cuma penasaran aja sama acaranya

    ReplyDelete
  5. Asyik nih yang lagi ngidam ada tempat buat melampiaskan di acara Festival Ngidam SGM Bunda. Walaupun masa kehamilan udah lewat, tapi tetep ngidam mau ke Jepang....heheh

    ReplyDelete
  6. Wah jadi pengen dimanja lagi saat hamil hihi

    ReplyDelete
  7. Dulu pas ngidam belum ada program SGM keren ini hiks..

    ReplyDelete
  8. harus banyak-banyak belajar peka ni saya untuk menguatkan istri saat hamil T.T

    ReplyDelete
  9. wah aku gak pernah ngidam anak dua itu dan badanku tetap kece krn berat badanku gak naik drastis, tp hamil anak kedua ini mual ssamapi hamil 9 bulan dan gak bisa makan di rumah sendiri, hrs di rumah orang lain, duh malunya setiap hari makan di temanku

    ReplyDelete
  10. aku juga ngidam anak kedua dan ketiga pengennya yg pedes-pedes buat ngilangi mual. Aku baru ngeh, nutrisi di kehamilan ternyata bisa pengaruhi perilaku anak ya.. thanks infonya

    ReplyDelete
  11. yah sayang banget aku ke Bekasinya akhir bulan september hahhaa..jujur memang selama hamil keinginan makan ini itu jadi banyak aku mba yang tadinya ga kepengen jadi pengen dan pengen ngerjain suami wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Kalo aku yang ngidam suamiku... au mah malah gak doyan makan.. sekarang masuk trimester 2 doyan makan tapi apa aja ga ada yg khusus kalau suamiku sama tuh sotoooooo melulu sama mangaaaaa meululu

    ReplyDelete

Gathering Blogger Kesehatan di Semarang , Dukung GERMAS part 1

Assalamu'alaikum. Mungkin tulisan ini agak telat ditayangkan tapi percaya deh kalau tulisan ini sudah nyangkut di draft selama 1 m...