Friday, February 8, 2019

Program Wakaf Asuransi PRUsyariah dari Prudential Indonesia

Hijaber cantik


"Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati"
Q.S Ali Imron ayat 185 


Assalamu'alaikum. 
Apa kabar semua? semoga sehat selalu, makin penuh cinta rezeki berkah berlimpah ya. Kalimat pembuka diatas pasti sudah sering mendengarnya terutama umat muslim. Ya, setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati, lalu apa yang bisa kita bawa setelah mati? Ini adalah hal yang sangat penting masalah bekal setelah mati. Amal baik dan pahala merupakan bekal kita untuk menuju alam barzah dan masa dimana pertanggung jawaban di dunia akan dipertanggung jawabkan. 

Pada masa itu adalah masa penentuan kita masuk neraka atau surga. Untuk meraih jalan surga tentunya kita harus perbanyak melakukan kebaikan dan meraih pahala sebanyak-banyaknya. Pahala sendiri di dapat dari semua hal kenaikan kita, amal kita di dunia, beribadah dan perbuatan lainnya. 

Tapi sebelum berbicara mengenai hari petanggung jawaban atau kiamat kita pasti akan melewati masa alam kubur, dimana pada masa itu semua amalan terputus sudah kecuali 3 perkara seperti bunyi hadist dibawah ini.

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim )



Tiga perkara itu adalah penolong kita setelah kita mati. Ilmu yang bermanfaat, makanya tak heran ada istilah bagikanlah ilmu kamu walau sedikit karena kita tidak pernah tau manfaat ilmu yang kita punya bagi orang lain, so jangan pelit tebar ilmu karena bisa jadi penolong kita nanti. 

Lalu Doa anak yang sholeh, setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang sholeh makanya dari sejak dini bahkan sebelum lahir anak-anak dikenalkan dengan berbagai hal kebaikan dan pengenalan ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan begitu anak menjadi sholeh dan sayang orang tua, jadi kalau meninggal mereka bisa mendoakan kita yang lagi di liang lahat. Namun siapa yang bisa menjamin anak kita bisa menjadi anak yang sholeh sampai akhir hayatnya? Ya wallahu'alam ya semoga anak kita menjadi anak yang sholeh. 

Amalan terakhir adalah sedekah Jariah.  Sedekah jariah sendiri memiliki arti harta yang di wakafkan. Dalam hukum Islam Wakaf memiliki arti penahanan terhadap suatu harta ( tidak di jual, tidak di hibahkan dan tidak di wariskan). Secara sederhana mengalihkan harta tersebut kepada Allah S.W.T melalui institusi atau Nazir.

Saat ini masih banyak yang beranggapan kalau ingin berwakaf harus memiliki uang atau dana yang cukup besar karena wakaf dikenal bentuknya bangunan seperti mesjid, sekolah dan tanah. Tapi tahu ga sih kalau saat ini kita bisa berwakaf dengan uang yang sedikit tidak perlu berjuta-juta atau puluhan juta seperti mengikuti program wakaf asuransi yang baru saja diluncurkan oleh perusahaan asuransi ternama yaitu Prudential Indonesia.

Wakaf uang
Pict by Timothy

Tepat tanggal 1 Februari lalu PT. Prudential Indonesia meluncurkan Program Wakaf dari PRUsyariah. Acara peluncuran lekat banget dengan suasana islami, ada bintang tamu dari nasyid dan entahlah disana saya merasa seperti bulan Ramadhan gitu, alunan lagu islami terus dinyanyikan sebelum acara dimulai.

Acara dibuka oleh sambutan dari Jeins Reisch Presiden Direktur Prudential Indonesia. Beliau mengungkapkan bahwa Prudential Indonesia sudah berdiri 23 tahun, sedangkan PRUsyariah sendiri sudah berdiri sejak tahun 2007,, wah cukup lama ya tahun ini menginjak usia 11 tahun dannaik sebesar 20%.

Tahun ini Prudential Ini Prudential Indonesia meluncurkan Program Wakaf dari PRUsyariah ini adalah sebagai wujud dari komitmen Prudential yang baru yaitu We Do Good atau mewujudkan kebaikan. Program wakaf ini juga memberikan solusi terhadap kebutuhan masyarakat Indonesia yang ingin berwakaf dan membantu mewujudkan kebaikan secara berkelanjutan.

Seperti menurut survei bahwa Indonesia merupakan negara paling dermawan cash dari 140 negara lho makanya tak heran potensi wakaf pertahunnya sebanyak 180 triliun.

Manfaat dari wakaf sendiri bukan hanya dirasakan oleh sang pemberi wakaf yang mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat tetapi juga para penerima wakaf dan kemajuan ekonomi. Lho kok bisa wakaf bermanfaat kemajuan ekonomi? Karena adanya wakaf produktif yang mana dana wakaf tersebut digunakan untuk hal yang produktif hingga mampu menghasilkan surplus yang berkelanjutan.

Wakaf asuransi
Pict by Timoty

Pada peluncuran Program Wakaf dari PRUSyariah juga hadir Dr. Irfan Syauqi selaku Pengamat Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor . Umumnya wakaf digunakan untuk membangun fasilitas umum seoerti rumah sakit, sekolah, rumah ibadah, tanah pemakaman.

Pahala dari wakaf untuk membangun fasilitas umum akan mengalir selama fasilitas umum tersebut di gunakan. Nah saat ini wakaf juga bisa berupa uang atau cash waqf. Seorang waqif (pemberi wakaf) bisa menyalurkan dana wakafnya kepada badan-badan Nadzir untuk di manfaatkan lebih lanjut.

Namun sayang bukan main kalau masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai wakaf uang ini , padahal potensi wakaf uang cukup besar. Kalau dana wakaf dikelola secara profesional, nilai harta wakaf tetap terjaga dan hasil usaha wakaf terus memberikan manfaat bagi masyarakat.

Hadir pula Afdhal Alisar selaku Direktur Bidang Promosi dan Hubungan Eksternal Komite Keuangan Syariah (KNKS ). KNKS menyambut baik Program Wakaf dari PRUsyariah karena akan turut menggali potensi wakaf di Indonesiasehingga masyarakat dapat menyalurkan dermanya ke tempat yang lebih tepat .

Indonesia negara muslim terbesar di dunia juga salah satu bagusnya potensi wakaf ini. Jadi sudah masyarakatnya paling derma terus muslim terbesar otomatis potensi wakaf juga lebih besar apalagi dengan adanya cash waqf melalui Asuransi wakaf yang memudahkan masyarakat untuk berwakaf. KNKS berharap Indonesia menjadi pusat keuangan syariah dan Program Wakaf dari PRUsyariah dapat memajukan perekonomian negara. Yaa karena wakaf itu seperti mesin pertumbuhan ekonomi.

Asuransi Prudential Indonesia

Ada banyak alasan kenapa Prudential Indonesia menghadirkan Program Wakaf drai PRUsyariah, alasan tersebut dijelaskan oleh Nini Sumohandoyo, Sharia, Goverment Relation and Community Investment Director Prudential Indonesia.

Hadirnya program wakaf ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yangbsedang mencari solusi cerdas dan modern untuk menunaikan wakaf sekaligus memastikan dirinya dan keluarganya memperoleh proteksi dan perencanaan investasiyang tepat.

Jadi dengan program ini nasabah bisa mendapatkan proteksi sekaligus dapat berbagi kebaikan dan beribadah. Itu semua sejalan dengan slogan Selamanya Berbagi , Selamanya Berarti.

Program ini juga sesuai dengan komitmen Prudential Indonesia  yang turut mengatasi tantangan sosial ekonomi Indonesia. Seperti  komitmen terbarunya yaitu Listening, Understanding. Delivering ". Serta berfokus We Do Health, We Do Wealth, We Do Teach and We Do Good. Program wakaf ini juga termasuk We Do Teach yang mana Prudential Indonesia memberikan literasi keuangan kepada masyarakat.

Literasi keuangan  di Indonesia masih cukup rendah, menurut OJK baru sebanyak 30% yang melek mengenai literasi keuangan dan baru sekitar 15% saja masyarakat yang melek literasi keuangan asuransi. Sebagai masyakat dengan muslim terbesar mirisnya Literasi keuangan syariah itu baru sebanyak 1,9 % saja makanya konsep asuransi syariah harus di sosialisasikan agar masyarakat paham.

Pada Program wakaf ini Prudential Indonesia menggandeng 3 Nadzir Lembaga  Wakaf yaitu :


  • Dompet Dhuafa
  • Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia ( LW-MUI)
  • iWakaf



Jadi bagaimana jih caranya nasabah ingin mengikuti Program Wakaf dari PRUsyariah?. Nih program wakaf ini memiliki 3 pilihan program :

  • Wakaf Asuransi Meninggal Dunia , untuk nasabah baru santunan kematian 45% dan nasabah yang lama santunan kematiannya bisa mencapai 95%.
  • Wakaf Nilai Tunai, untuk wakaf nilai tunai total wakaf yang dapat di salurkan cukul 1/3 saja.
  • Wakaf  kombinasi, untuk wakaf kombinasi ini yaitu antara Wakaf asuransi meninggal dunia dan wakaf nilai tunai.
Jadi secara garis besar kalau kamu ingin mengikuti program wakaf dari PRUsyariah ini kamu menjadi nasabah Prudential dulu. Bagi saya pribadi peogram ini sanagt bermanfaat dan sesuai kebutuhan kita karena disini kita bisa mendapatkan proteksi untuk diri sendiri dan keluarga , kita juga bisa beribadah atau menabung pahala jika kita meninggal nanti.

Untuk Program Wakaf ini juga tidak hanya yang beragama muslim saja tetapi bisa dari agama lain karena kan banyak kebaikan juga yang didapat.

Saat peluncuran Program Wakaf kemarin juga diadakan penandatanganan kerjasama kepada 3 lembaga Nadzir dan juga penyerahan penghargaan dari MURI ( Museum Rekor Indonesia ) untuk "Sosialisasi Wakaf asuransi Peserta Terbanyak ". 

Okay segini dulu ya informasinya mengenai Program terbaru dari Prudential Indonesia. Nah buat kamu yang ingin berwakaf sekaligus mendapatkan proteksi bisa pilih PRUsyariah dan mengambil program wakaf ini, kebaikannya tidak hanya dirasakan di dunia saja tapi juga di akhirat. 

Timothy wirjo pawiro




41 comments:

  1. Dengan mengandeng lembaga wakaf yang terpecaya membangun kepercayaan masyarakat bahwa wakaf di kelola dengan benar.

    Asuransi wakaf prusyariah akan membawa kedamaian bagi pemilik polis

    ReplyDelete
  2. Mantap, asuransi sambil beramal

    ReplyDelete
  3. Ternyata program Wakaf Asuransi PRUsyariah ini baru launching Feb ini ya. Pasti banyak manfaatnya nih bagi nasabah, selain bisa mendapatkan proteksi sekaligus dapat berbagi kebaikan & beribadah.

    ReplyDelete
  4. Wah aku baru tau ada program wakaf jg dr prudentsial, Selain asuransi dunia memikirkan asuransi buat akhirat juga ya

    ReplyDelete
  5. Jadi membuka mata dan pikiran saya kalau wakaf ternyata bisa bentuk uang. Islam memang memudahkan

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Semakin tercerahkan tentang konsep wakaf dan progam waka dari Prusyariah ini.. memang Islam mengajarkan kebaikan untuk umatnya, termasuk dalam hal masa depan dengan wakaf asuransi, orang tidak boleh berputus asa, justu usaha dan doa untuk mencapai masa depan yang lebih baik ya..

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah senangnya sudah ada wakaf asuransi melalui Prudential Indonesia

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah semakin banyak kanal untuk beribadah
    nggak hanya beramal tapi juga sekaligus memproteksi diri dan keluarga.
    thumbs up utk Prudential :D

    ReplyDelete
  10. Halo mba Amel. Apa yang dilakukan oleh Prudential ini oke banget. Inovasinya berkembang sesuai kebutuhan umat islam

    ReplyDelete
  11. Belakangan ini aku jadi tau banyak tentang wakaf, dulu mikirnya harus bikin Masjid gitu deh kalau mau wakaf hehe.

    Program Wakaf dari PRUsyariah ini cukup menarik ya, 2019 saatya berwakaf ;)
    Mikirin tabungan buat akhirat juga heheh

    ReplyDelete
  12. Baru aja kemarin sama guru ngaji dibahas tentang amal jariah yang mengalir saat kita meninggal dunia, salah satunya dengan berwakaf. Semoga kemudahan yang ditawarkan seperti ini jadi ladang pahala. Aamiin

    ReplyDelete
  13. Aku jadi bangga Mbak jadi bloger, karena kita jadi salah satu agen of change untuk mengedukasi masyarakat luas tentang literasi keuangan, dalam hal ini wakaf bisa dengan uang. Tidak harus tanah atau bangunan.

    ReplyDelete
  14. Wakaf tuh banyak ya manfaatnya. Pahalanya juga insya Allah besar. Kalau makin mudah dan banyak pilihan cara berwakaf, semoga aja Indonesia makin makmur.

    ReplyDelete
  15. I read so many reviews and coverage about this but I guess I really need to read more to know exactly what the product is all about

    ReplyDelete
  16. Asyiknya ya kalau kita bs berwakaf kebayang pahalanya mengalir terus nih. Semoha Allah mudahkan..

    ReplyDelete
  17. Inovasi Prudential bagus banget ya, we do good alias menawarkan kebajikan. Selama ini aku juga bingung soal wakaf makanya aku memilih sedekah, zakat, infak aja

    ReplyDelete
  18. anggapan itu masih kental di kampungku loh ma, misal wakaf itu cuma bisa bagi org yang punya banyak dana, tanah atau bangunan. Alhamdulillah yah Prudential memiliki program baru lagi

    ReplyDelete
  19. MasyaAllah inovasi lagi dari PRUsyariah ya. Bermanfaat banget program2 nya ya apalagi Program Wakaf ini untuk fasilitas umum

    ReplyDelete
  20. Makan es krimnya dihayati banget Mel ;-D
    Mudah-mudahan makin banyak masyarakat yang berwakaf tunai ya apalagi sekarang ada asuransi wakaf juga yang bisa memfasilitasi nasabahnya

    ReplyDelete
  21. Kalo kata saya prudential inovatif banget ya dg program asuransi wakaf ini. Jadi tertarik buat jd nasabah nih mba

    ReplyDelete
  22. Semoga program wakaf pada pridencial amanah dan disalurkan ketempat yang benar ya

    ReplyDelete
  23. Wakaf yang baik utk kemaslahatan ummat. Kaya utnuk membangun sekolah, masjid, mushola, dll.

    Semoga makin banyak orang yang bermawaf

    ReplyDelete
  24. baru tau adanya program wakaf prudential ini.. apalagi dalam program ini prudential menggandeng 3 lembaga wakaf di Indonesia.. masyaAllah..

    ReplyDelete
  25. 3 Nazhir yang dipilih juga kredibilitasnya gak perlu diragukan lagi ya mbak? InsyaAllah kalau wakaf pakai polis asuransi Prudential pasti amanah pengelolaannya. Berkah dunia akhirat aamiin

    ReplyDelete
  26. Ideal banget yaa...
    Kalau kita beramal, pilihlah beramal dengan ilmu.
    Maka biarpun sedikit, tapi manfaatnya memanjang.

    ReplyDelete
  27. Program menarik nih. Ijin baca pelan2 mba biar saya paham bener. Soale awam soal asuransi hehehe

    ReplyDelete
  28. aih, enggak nyangka fotoku masuk di blog hits ini. Ekspresiku gimana, tante? foto terakhir paling kocak, hahahha

    eh malah kelupaan bahas wakaf. Hadir di acara Prudential wakaf kali ini mendapat banyak insight. Makin tertarik untuk beramal jariyah supaya pahalanya mengalir terussss

    ReplyDelete
  29. Wooww, peluncurannya sampai dapat rekor MURI ya Mbak? Semoga setelah ini makin banyak orang berwakaf melalui jalan asuransi syariah Pru ini. Good job, Pru.

    ReplyDelete
  30. Galfok samaa foto yg trakhir Mak, kocak bgt fotonya. Hehe. Bagus programnya, Semakin banyak yg melakukan wakaf, semakin jaya Indonesia aamiin

    ReplyDelete