Monday, March 11, 2019

Kerjasama Sinar Mas Land dan Grab Untuk Membangun dan Meningkatkan Ekosistem Digital Indonesia



Disana itu dulu kaya tempat buang anak, begitu yang pernah saya dengar ketika sedang menuju sebuah RS di bilangan BSD di dalam taksi online. Beberapa bulan terakhir Papa saya memang sedang rutin menjalani pengobatan batu ginjal beliau. Untuk transportasi sendiri karena tidak punya mobil ya akhirnya kita naik taksi online. Saat menuju RS atau pulang pastinya Papa dan sang supir selalu ngobrol ngalor ngidul dan kebetulan sering dapat sopir yang tinggalnya tidak jauh dari BSD. 

Iya,, jadi kita pernah dapat sopir yang cerita sedikit tentang BSD, katanya dulu itu daerah ini hutan banyak pohon-pohon gede dan kaya tempat jin buang anak gitu hehe. Tapi sekarang sangat jauh berbeda donk ya BSD saat ini bisa dibilang kota yang sangat lengkap fasilitas umumnya dan makanya disebut juga kota terencana di Indonesia. 





Banyak Mall, perumahan elite , kantor-kantor, tempat hiburan, ruang terbuka hijau itu banyak di daerah ini. Dan tahu ga sih kalau salah satu pengembang properti Sinar Mas Land ini juga turut andil dalam memperkuat BSD City sebagai the integrated smart digital city pertama di Indonesia. 

Ya semua terintegrasi dan belum lama saya juga mengunjungi Stasiun Cisauk yang terintegrasi dengan Intermoda BSD City  , dengan adanya ini masyarakat dengan mudah menjelajah BSD dan tentunya aktifitas masyakat sangat terbantu juga. 

Lalu pada bulan Oktober tahun lalu saya menghadiri Groundbreaking GIPTI arau Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi yang tidak jauh dari ICE BSD City. Galeri tersebut adalah kerjasama Sinar Mas Land dan Puspitek dan nantinya galeri tersebut akan menjadi sebuah ekosistem inovasi bersama Digital Hub untuk percepatan terwujudnya Silicon Valley Indonesia di BSD City.


Tahu kan gimana kerennya Silivon Valley? Nah nanti Gipti ini akan jadi Silicon Valley Indonesia dimana ini menjadi talent pool  bagi sejumlah perusahaan  beroperasi di kawasan digital hub. Tempat ini juga pengembangan smart integrated digital city ini akan menciptakan banyak sekali peluang tentunya.

Agar cepat terwujud tentunya harus bekerjasama dengan berbagai pihak ya, nah belum lama ini Sinar Mas Land menandatangani kerja sama pengembangan teknologi dengan Grab, everyday super app terkemuka di asia Tenggara.

Posisi Grab disini asalah sebagai mitra teknologi utama bagi Sinar Mas Land jadi Grab nantinya akan menggunakan keahliannya dalam bidang teknologi dan sumber daya manusia untuk membangun infrastruktur digital yang tentunya akan membantu meningkatkan kehidupan masyarakat di BSD City.


Grab akan menyediakan solusi mobilitas yang cerdas dan tertata, mendukung pertumbuhan usaha kecil dan menengah serta tentunya mendorong pembangunan teknologi untuk memperkuat posisi BSD City sebagai smart digital city pertama di Indonesia.

Kerjasama ini dilakukan karena sejalan dengan komitmen Sinar Mas Land dan Grab untuk membangun dan meningkatkan ekosistem digital Indonesia, BSD Digital Hub Area diproyeksikan akan menjadi pusat para pelaku usaha di dunia industri IT dan digital Indonesia.

Seperti yang saya jelaskan jadi BSD Digital hub ini seperti Silicon Valley Indonesia. Mulai dari sekolah pencetak talenta yang dibutuhkan untuk industri saat ini yaitu industri 4.0 , startup, coworking, perusahaan teknologi, e-commerce, industri kreatif dan lainnya.

Bagi Grab kawasan BSD City merupakan kawasan yang sangat ideal untuk memulai proyek dan menawarkan layanan baru yang dapat memnuhi harapan para pelanggan.



Kesepakatan antara Grab dan Sinar Mas Land adalah Grab akan membangun Grab Inovation and Engineering Lab sebagai pusat penelitian dan pengembangan inovasi di GOP 9, BSD City yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk menciptakan sistem transportasi yang cerdas dan tertata.

Dan tiga rencana proyek kerja sama yanag akan dilakukan Grab dan Sinar Mas Land antara lain :

  • Menjalankan metode pemetaan daerah BSD City untuk emmudahkan penumpang menentukan titik penjembutan dan pengantaran yang lebih akurat.
  • Melakukan uji coba Personal Mobility Devices (PMD) yang dapat menjadi sarana transportasi personal jarak dekat dengan biaya terjangkau.
  • Melakukan program pilot sokusi mobilitas berbagi di kawasan BSD City.
Tak hanya itu saja nantinya juga Grab akan menyelenggarakan progra  Grab Ventures Velocity di BSD City, yaitu sebuah program akselerasi dimana para starup akam doberikan serangkaian sesi pelatihan dan mentoring untuk meningkatkan bisnis mereka. 

Nah selain memberikan solusi permasalah transportasi Grab juga akanmendukung UKM lokal berbasis kuliner di kawasan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dengan mendirikan dapur satelit yang bernama Kitchen by GrabFood .

Kitchen by GrabFood akan mendekatkan menu andalan para merchant lokar dengan penikmat kuliner di wilayah BSD City.  Duhh kebayang ga sih dengan adanya ini pasti para UKM bisa tumbuh perekonomiannya dan kita para warga juga bisa wisata kuliner dengan melalui pemanfatan teknologi Grab. 

Sebagai warga Tangerang Selatan coret saya sendiri sangat antusias dan ga sabar dengan Digital Hub ini karena pastinya kawasan ini bakal jadi keren banget deh dan tentunya maju secara teknologi. Semoga saja ya kerjasama ini biaa berjalan lancar dan tercapainya tujuan bersama yaitu membangun dan meningkatkan ekosistem digital Indonesia.

29 comments:

  1. Wah dengan kitchen by GrabFood nanti semoga bisa ikut meningkatkan perekonomian para UMKM. Semoga rencana proyek kerjasama Grab dan Sinar Mas Land bisa terealisasi dan berjalan lancar.

    ReplyDelete
  2. Duet maut ini mah, kerjasama antara sinar mas land sama grab. Aku yakin deh, kerjasama ini bakal memberikan hasil yg maksimal salah satunya dlm dunia digital

    ReplyDelete
  3. Aamiin. Hunian kota yang terinstegrasi secara terpadu seoerti BSD ihan bagi hunian lain. Betapa tata rencana ruang secara cermat dan akurat yang dilakukan Sinar Mas Land telah berhasil mengembangkan BSD menjadi seperti sekarang ini, pun dilengkapi saeana dan prasarana yang memadai. Seperti Stasiun Cisauk itu, saya kagum dengan gedungnya. Tak sekadar megah, memudahkan mobilitas warga.
    Semoga kerja sama Sinar Mas Land dan Grab terwujud baik, ya. :)

    ReplyDelete
  4. Asik! Bakalan semakin semangat aja kalau mau jalan-jalan ke BSD City. Apalagi kalau mau kulineran

    ReplyDelete
  5. Hahaha, aku ngakak baca komentar mba Inda Chakim, duel eh duet maut.
    Pas ngetik kata "duel", lha malah langsung ingat Wiro Sableng, akutu, hahaha.
    Duh, gak nyambung banget ya komentarnya, hihihi

    Baidewei, aku percaya "duet maut" ini bakan menasbihkan BSD sebagai kota modern dan bisa jadi role model untuk kota lain di republik ini.

    Aamiin...

    ReplyDelete
  6. baru aja minggu kemarin dari BSD, adik ipar suka ngajak jalan-jalan kalo ke BSD dan suka takjub dengan pembangunannya yang cepat. Jalan jalan ke IKEA, AEON Mall, beli shawarma di Lulu Dept Store, dan kemarin juga sempet ke Big Book Wolf. Sukses kerjasama PT Sinar Mas Land dan Grab ya. :)

    ReplyDelete
  7. Waw Sinar Mas Land makin lebar lagi sayapnya. Semoga memberi kemanfaatan yang lebih dan lebih lagi ketika dua raksasa ini bekerja sama.

    ReplyDelete
  8. Kitchen by GrabFood oke juga nih. Salut sama Sinar Mas Land ini karena ngembangin banyak hal. Itu UMKM bakal makin terbantu deh

    ReplyDelete
  9. Makin tambah banyak ya pilihan kita sekarang.. dan Sinar Mas ok ya mendukung ekonomi digital yang makin intensif ini

    ReplyDelete
  10. Wah grab ketemu sinarmas, pasti akan jadi proyek besar, ga sabar nunggu kejutannya deh

    ReplyDelete
  11. Wah kerjasama yg keren ni ya..semoga makin menunjang sukses semua fihak..

    ReplyDelete
  12. Aku berdoa semoga sering dan mau n banyak promo wkwkwk konsumen setia banget ini, sukses deh untuk kerjasamanya

    ReplyDelete
  13. keren banget ya perhatiaannya ke ukm dengan dibuatnya dapur satelit. Semoga aja kitchen by grabfood lancar dan sukses dan banyak ukm yang akan merasakan manfaatnya

    ReplyDelete
  14. Wah oke banget nih kerjasamanya.
    Semoga makin banyak UKM yang dapat keuntungan dari kerjasama ini.

    ReplyDelete
  15. Waah BSD akan jadi kawasan canggih dan terintegrasi ya berkat kerja sama Sinar Mas dan Grab, semoga makin banyak kawasan di Indonesia yang dibangun dengan konsep seperti ini sehingga memajukan perekonomian masyarakat

    ReplyDelete
  16. Wah keren banget kepedulian Sinar Mas Land dan Grab sama lingkungan kita. Patut diacungi jempol!
    Dan bakalan asyik nih kalo nanti ada Kitchen by Grabfood, UKM kita bakal lebih terbuka kesempatan nih!

    ReplyDelete
  17. Lagiiiii sebuah terobosan baru dilakukan.. bersinergi antara perusahaan perusahaan besar untuk memberdayaan perekonomian masyarakat khususnya pada UKM ya mba.. walaupun bukan warga tenggerang, saya juga sudah ngga sabar untuk ikutan merasakan langsung kolaborasi ini

    ReplyDelete
  18. Semoga demikian ya mbak dengan kerjasama dua kekuatan ini, UKM di sekitar BSD akan tambah maju dan dapat pelanggan tetap, sehingga kesejahteraan pegiat UKM terdongkrak pelan pelan

    ReplyDelete
  19. Sama kaya Bekasi dong Mel dijuluki temoat jin buang anak hihihi ada-ada aja
    BSD sekarang udah cakep banget banyak pembangunan dan tetap asri pastinya. Pantesan SInar Mas Land punya basecampnya disana

    ReplyDelete
  20. Makin keren aja nih BSD City dengan penambahan berbagai fasilitas hasil kerja sama Sinar Mas dengan Grab ini ya. Pantesan suka lihat juga postingan orang, cerita soal BSD yang menyenangkan banget untuk ditinggali.

    ReplyDelete
  21. Semoga kerjasamanya berjalan lancar yaa dan tercapai tujuan yang diinginkan yaitu membangun dan meningkatkan ekosistem digital Indonesia :)

    ReplyDelete
  22. Wahhh dengan adanya kerjasama ini warganya pasti makin betah yaa tinggal di BSD City, udah lengkap banget fasilitasnya :)

    ReplyDelete
  23. Senneng kalo ada kerjasama semacam ini, karena biasanya banyak yang terbantukan dan semoga BSD City semakin diminati oleh banyak keluarga untuk ditinggali

    ReplyDelete
  24. wah keren Grab. Walaupun jauh ikut senang juga, siapa tahu program ini berhasil dan meluas ke daerah-daerah lain. Bakalan banyak peluang kerja tercipta dan kesejahteraan akan meningkat...

    ReplyDelete
  25. BSD bisa makin maju ya mba dengan program ini. Bisa sering2 ke BSD kalau sudah ada kitchenGrab nya.

    ReplyDelete
  26. Mantap nih kerja sama antara sinar mas land dan grab. Seperti yang disebut di atas, manfaatnya tentu dapat membantu masyarakat agar dengan mudah menjelajah BSD, aktifitas masyakat juga akan sangat terbantu ya mbak.

    ReplyDelete
  27. Semoga sukses ya kitchen grabnya. Aku seneng kalo ada perusahaan concernd dg umkm

    ReplyDelete
  28. Kitchen Grab food pastinya bisa ngebantu UKM di sekitaran BSD sekaligus warga masyarakat yang butuh kulineran tanpa keluar rumah ya. Asik banget tuh

    ReplyDelete
  29. in ibener-bener namanya kolaborasi handal yang luar biasa ya mbak
    semoga di sekitaran BSD semua UKM nya makin maju dan inovatif berkat dukungan dari segala pihak

    ReplyDelete

PRUPrime Healthcare Plus dan PRUPrime Healthcare Plus Syariah Perlindungan Komplit Serta Fleksibel

"Cantik dan fashionista banget dia, enak dilihat dan mempesona banget", Pikir ku saat melihat postingan seorang fashion blog...