Perlukah Mobil dan Motor Kita Diasuransikan?


Assalamu'alaikum.
Pernah ga sih kita galau antara memilih asuransi? Atau kendaraan kita tuh di asuransikan atau tidak? semua pertanyaan itu mungkin sering mendatangi para pemilik kendaraan.Saya dan keluarga juga saat ini jujur saja masih belum mengasuransikan kendaraan karena masih galau.Berunjuk ke saudara sepupu saya yang mengasuransikan kendaraanya, tiap bulan membayar tapi pada saat mobilnya mengalami kecelakaan dia kesulitan mengclaim asuransi.


telah galau berlarut-larut akhirnya tanggal 31 Januari 2016 kemarin saya mendapat pencerahan mengenai asuransi kendaraan ini.Bertempat di Foodism Kemang saya menghadiri gathering Mobil123.com Portal No.1 terbesar dan terpercaya dengan tema Perlukah Mobil dan Motor Kita Diasuransikan?.Acara yang diawali ngopi cantik itu terlihat semangat karena kafe dan kostum yang hadir bernuansa merah hehe.Tak hanya itu sebelum acara dimulai alunan musik akustik dengan lagu-lagu cinta galau makin menambah syahduu *uhukk.



Untuk yang belum mengetahui apa itu mobil123.com bisa baca ulasan saya di Mudahnya mencari kendaraan idaman dan Aplikasi terobosan terbaru mobil123.com .Pada kesempatan kali ini narasumber acara gathering yaitu bapak Indra Prabowo selaku Managing editor mobil123.com dan bapak Danny sutardji selaku Setion head underwriting motor vehicle dari Adira Asuransi.

Asuransi adalah pertanggungan ( perjanjian antara dua pihaj, pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang dibuat.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kerugian seperti bencana alam, pencurian kendaraan dan kecelakaan.Semua kerugaian tersebut tentunya datang tiba-tiba dan pastikan juga kalau kendaraan kita itu diasuransikan.

Dalam asuransi ada istilah Total Loss Only atau jaminan dasar yang mana prinsipnya asuransi kendaraan bermotor menjamin dua risiko yaitu kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor dan tanggung gugat,yaitu tanggung jawab hukum tertanggung terhadap pihak ketiga yang berkaitan dengan penggunaan kendaraan bermotor.

Risiko yang dijamin seperti tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir atau terperosok.Ada yang perlu digaris bawahi nih jadi jika kendaraan kita sedang balap-balapan di arena itu tidak bisa claim asuransi lho.



Risiko yang tidak dijamin :
Penanggung tidak memberikan ganti rugi pada:

  • Kehilangan keuntungan karena kendaraan bermotor yang dipertanggungkan  mengalami kecelakaan atau sebab lain
  • Kerusakan atau kehilangan peralatan tambahan yang tidak disebut dalam ikhtisar pertanggungan.
  • Kerusakan atau kehilangan akibat penggelapan, penipuan, hipnotis dan sejenisnya.
  • Kerusakan atau kerugian akibat perbuatan jahat yang dilakukan tertanggung, suami/istri/snak/orang tua/saudars, pengurus, pemegang saham, komisaris,pegawai.
  • Kerusakan atau kerugian yang disebabkan oleh menarik atau mendorong kendaraan lain, belajar mengemudi,perlombaan,karnaval,dikemudikan seseorang tanpa SIM, melanggar lalu lintas.

Mungkin banyak yang berfikir bahwa cukup kendaraan roda empat saja yang harusnya diasuransikan tapi ternyata tidak, kendaraan roda dua juga semestinya harus diasuransikan. Banyak keuntungan yang kita dapat jika kendaraan kita diasuransikan pasti udah tahu kan ya untu meminimalkan kerugian,selain keuntungan kita juga harus tau nih apa saja risiko yang tidak dijamin.

Ada pula yang harus diperhatikan sebelum kita memilih asuransi.Sebaiknya baca dan pahami terlebih dahulu klausul perjanjian dan pilih lah perusahaan asuransi yang track record yang sidah terpercaya.


45 komentar

  1. penting nihh tahapannya..harus jeli dan dipelajari dengan seksama

    BalasHapus
  2. penting nihh tahapannya..harus jeli dan dipelajari dengan seksama

    BalasHapus
  3. Seru acaranya dan banyak ilmunya apalagi asuransi ini perlu dipelajari dengan cermat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh Ani pelajari yang bener biar paham.

      Hapus
  4. Seruuu acaranya kemarin, apalagi mbak Amel juga dapet doorprize :D hhehe

    BalasHapus
  5. Zaman sekarang mah, apa-apa kudu diasuransikan, ya. Apalagi kendaraan. Maling, bencana alam, kecelakaan di jalan, bisa datang kapan saja. Btw, acaranya seruuuu. Kapan ya, Mobil123 ngadain acara di Bandung lagi? Hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh Nia pakai asuransi biar jaga2 dari segala kerugian itu semua,,semoga aja gathering mobil123.com diadain lagi di bBandung

      Hapus
  6. perluuuuuuuuuu banget kakak
    saya baru tahu nih, beruntung bisa ikut acara Mobil123.com :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa,,perlu banget donk ya buat jaga-jaga πŸ˜„.

      Hapus
  7. Perlukan kendaraan mobil dan motor diasuransikap? Jawabnya sangat perlu karena saya punya pengalaman tentang motor anak saya hilang, ikut asuransi benar benar diganti loh hanya 46 hari uang cair :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti benar-benar penting ya kendaraan itu diasuransi.

      Hapus
  8. Banyak yg perlu dipelajari ya soal asuransi :) menarik nih ada videonyaπŸ˜ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kakak perlu banyak belajar.
      Video nya bikin baper ya *ehh πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  9. Mobil123.com emang keren kalau ngadain acara mah. Salut apalagi materinya berhubungan sama kebutuhan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,,yang paling keren bagi-bagi hadiah juga hihi.

      Hapus
  10. banyak banget ilmunyaaaaaa seru!! sayang sekali ngga dapat kesempatan untuk ikut haha

    BalasHapus
  11. Saya kalau punya, mau jg asuransiin mobil. Coba nanti cek mobil123 deh

    BalasHapus
  12. Udah beberapa kali baca tentang mobil123. Cocok bgt jika punya usaha rental

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok sih,,lagi pula penjual& pembeli sama2 dimudahkan.

      Hapus
  13. Seru dan bermanfaat acaranya, selamat juga ya dapat hadiah!

    BalasHapus
  14. asuransi ini ibarat sedia payung sebelum hujan ya mak

    BalasHapus
  15. Wah, mesti tau track record perusahaan asuransinya ya, biar ga sulit pas claim nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku sih gitu,,biar ga sulit claim juga.

      Hapus
  16. ulasannya komplit plit, acaranya seru

    BalasHapus
  17. sip bermanfaat. Makasih mba infonya.

    BalasHapus
  18. Sebelum ikuut asuransi mesti ngerti dulu apa yang dijamin atau tidak, ya mbak biar nggak kecewa? Terima kasih informasinya.

    BalasHapus
  19. Asuransi mobil dan motor penting banget loh

    BalasHapus
  20. Betul, harus dibaca dulu klausul perjanjiannya ya.

    BalasHapus
  21. Saya juga galau,klo pas waktunya bayar premi....

    karena Asuransi emang penting, mau gk mau hrus di byar itung2 nabung heee

    BalasHapus
  22. emang lagi cari-cari asuransi kendaaan... pas diundang mobil123

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya πŸ˜‰