AMG Ryzen Mobile Kaleidoscope Selama 5 Tahun

 


"Waaaaahhhh AMD End Year Gathering", mata langsung berbinar saat melihat subject email. Yups, bahagia bukan main karena rasanya sudah lama banget gak ikutan gatering bareng AMD offline dan terakhir gathering offline itu 2 tahun lalu kalau gak salah bulan Desember tahun 2019 dan bisa cek keseruan gathering bersama AMD disini ya. Mengenal AMD juga masih terbilang baru bagi saya yaitu pada tahun yang sama dan ketika itu Alhamdulillah saya jadi juara lomba blognya juga  https://www.ameliasubarkah.net/2019/09/HP-Envy-X360-prosesor-AMD-Ryzen-Beneran-Cepat.html


Lewat gathering AMD saya jadi lebih melek mengenai laptop dan processor, jadi lebih teredukasi saja gitu kalau kita sebagai user jangan hanya asal tau pakai perangkat yang kita pakai tetapi harus tahu spesifikasi serta keunggulan dari perangkat itu sendiri. Sebenarnya tahun 2020 saya juga menghadiri peluncuran AMD RYZEN™ 5000 Series Mobile Processors secara online namun agak kurang puas karena kurang berinteraksi dan akhirnya 9 Desember berjumpa lagi dengan AMD di event yang terselenggara secara hybrid. Yups, acara gathering kaleidoskop AMD ini ada yang offline dan online juga lewat zoom meeting. 




Sudah hadir  mas Donnie Brahmandika, Product and Retail Enablement AMD Indonesia , Tahun ini merupakan genap 5 tahun AMD Ryzen istilahnya dengan hadirnya Ryzen mengubah semua teknologi yang ada di PC. Mas Doni juga menceritakan sedikit pertumbuhan AMD Ryzen sejak keluarnya generasi pertama. AMD Ryzen rilis bulan Oktober tahun 2017 pada platform mobile , jadi pada tahun ini AMD merilis rebuah processor namanya AMD Ryzen, hadirnya AMD Ryzen ini membuat sebuah evolusi didalam sebuah laptop. Jadi kalau dulu mungkin laptop yang harganya 10 juta itu banyak yang menggunakan 2 core namun sejak hadirnya AMD Ryzen tahun 2017 arah itu sudah mulai berganti dan laptop sudah rata-rata menggunakan hardcore.


Pada tahun 2017 AMD memperkenalkan dua prosessor Ryzen mobile terbarunya dengan 4 core and 8 thread yaitu Ryzen 2500U dan Ryzen 7 2700U dengan Raden Vega sebagai kartu grafis yang disematkan pada laptopnya dengan menggandeng Asus  ROG, HP, Acer, Lenovo dan Dell sebagai partner. AMD 2000 Series ini merupakan cikal bakal berjayanya AMD hingga tahun 2021.

Tahun berikutnya AMD meluncurkan Prosessor Mobile Ryzen 3000 Series Generasi kedua sebagai rangkaian dari seri Ryzen  dengan menggunakan arsitektur optimal dengan menggunakan teknologi fabrikasi 12nm dan AMD juga merilis prosessor terbarunya yang kemudian menjadi tren pada laptop gaming ringan yaitu H-Series yang dikhususkan untuk performa lebih kencang. Series ini adalah cikal bakal dari sisa gaming terutama 3000H Series.





Pada tahun 2020 merupakan tolak ukur AMD menciptakan sebuah prosessor yang terbaik untuk laptop tipis ataupun untuk laptop gaming. Yups, AMD merilis sebuah prosessor AMD Ryzen 4000U Series yang merupakan berbasis windows , laptop berbasis x86  pertama di dunia yang menggunakan arsitektur 7nm dan 8 core dan 16 thread. Dengan 7nm banyak lompatan-lompatan kinerja dari prosessor AMD Ryzendari series generasi sebelumnya terutama dari CPU Core nya atau single core juga ada peningkatan dari generasi sebelumnya. 

AMD Ryzen 4000U Series merupakan prosesor satu-satunya di dunia dengan 8 core untuk laptop ultrathin. Dengan hadirnya AMD Ryzen 4000 Series memberikan performa prosesor yang lebih cepat dan efisiensi daya yang optimal. AMD juga mengenalkan laptop gaming namun dengan TDP yang yang lebih rendah yaitu AMD Ryzen 4000HS series yang memiliki TDP 35 Watt namun dengan 8 core dan 16 thread. AMD Ryzen HS series ditujukan untuk thin and light gaming, salah satu untuk laptop gaming portable dengan ukuran yang lebih tipis dan ramping. 






Di tahun 2021, AMD memberikan sebuah evolusi dengan menghadirkan Ryzen 5000 series yang berbasis Zen 3. Nah di Zen 3 ini benar-benar makin banyak performa yang ditawarkan AMD , fitur-fitur baru yang tidak ada di generasi sebelumnya. Ryzen 5000 series ini mungkin satu-satunya yang menggunakan minimal 4 core tread.

Ryzen 5000 series  dengan fabrikasi 7nm namun dengan arsitektur core Zen 3 yang memiliki fitur dengan teknologi diklaim terdepan dan dapat disesuaikan kebutuhan untuk para gamer, content creator, serta professional. Tentunya, akan memberikan pengalaman menakjubkan dengan performa komputasi tinggi dan ketahanan daya yang memukau.

AMD Ryzen 5000 U-Series Mobile Processor dirilis untuk pengguna mainstream yang menginginkan performa yang kencang, menawarkan perpaduan performa dan efisiensi yang sempurna. Selain performa unggul, laptop bertenaga yang tersemat AMD Ryzen 5000 U-Series Mobile Processor menawarkan pengalaman komputasi tinggi dan portabilitas yang dikhususkan untuk laptop ultrathin.




Buat kamu yang content creator ada kabar gembira nih. dari segmen premium laptop yang ditujukan bagi kalangan content creator dan gamer profesional, AMD menghadirkan AMD Ryzen 5000 H-Series Mobile Processor yang memberikan efisiensi daya maksimal dengan performa tinggi untuk mendukung ragam pekerjaan berat penggunanya tanpa hambatan pada sebuah perangkat laptop tipis, inovatif dan ringan. 

Dalam jajaran penawaran prosesor mobile nya, AMD menghadirkan seri prosesor HX dengan prosesor tertinggi nya yaitu AMD Ryzen 9 5900HX yang memiliki kemampuan unlockable yang sangat cocok untuk kebutuhan para profesional konten kreator.  AKu juga naksir berat sama laptop premiun ini, bayangin aja coba pasti ya saat membuat konten akan cepat banget dan bisa dibawa kemana-mana juga yes soale gak begitu berat .

AMD juga memperkenalkan Kartu Grafis AMD Radeon 6000M Mobile Series yang dirancang untuk menghadirkan performa kelas dunia, visual tajam, dan pengalaman komputasi gaming yang imersif. GPU AMD Radeon RX 6000M Series memanfaatkan terobosan arsitektur gaming AMD RDNA 2 untuk menghadirkan performa gaming kencang.

Dengan beberapa pilihan Kartu Grafis AMD Radeon 6000M Mobile Series diantaranya, AMD Radeon RX 6800M yang diperuntukkan hardcore gamers dengan konsumsi daya minimal 145 watt dengan performa gaming pada resolusi 1440p. AMD Radeon RX 6800M mampu memberikan performa paling tinggi hampir pada sejumlah game kelas AAA. 

AMD Radeon RX 6700M menawarkan performa gaming 1440p/100FPS, visual dan efisiensi memukau yang dirancang untuk generasi baru dari laptop gaming dan kreasi konten yang canggih. Terakhir adalah kartu grafis AMD Radeon RX 6600M ditujukan bagi para gamer kasual, dirancang untuk pengalaman gaming 1080p/100FPS, dengan performa kecepatan refresh tinggi di 1080p untuk laptop ringan.




Nah ada juga nih AMD Advantage sebagai inovasi terbaru design framework untuk memberikan solusi terbaik pada laptop gaming. Solusi AMD Advantage merupakan paket lengkap laptop gaming dengan berbagai fitur yang dibutuhkan gamer. AMD Advantage menawarkan tiga konsep dasar, yakni Amplified Performance, Premium Display, dan Built for Gaming yang dikemas dalam teknologi AMD Advantage Design Framework.

Amplified Performance hadir pada laptop bertenaga prosesor AMD Ryzen 5000 Series Mobile, dipadukan dengan kartu grafis AMD Radeon™ RX 6000M Series terbaru yang ditenagai oleh arsitektur RDNA 2 dengan performa 1,5 kali lebih kencang, 43% lebih hemat daya , hingga kemampuan gaming 1,77 kali lebih baik generasi sebelumnya. Premium Display merupakan fitur tampilan yang dibutuhkan gamer untuk menikmati grafis terbaik dalam game, mulai dari tingkat kecerahan minimal 300 nits, 100% sRGB, dan 72% NTSC dengan panel OLED ataupun IPS, serta refresh rate mencapai 144 Hz.

AMD Advantage Design Framework memberikan performa yang optimal dan konsisten, serta menjaga temperatur kerja yang stabil. Kombinasi ini akan mencegah penurunan performa, meski ketika digunakan berjam-jam tanpa henti. Ideal untuk aktivitas gaming maupun aktivitas kreasi konten yang berat.

Laptop gamingnya benar-benar idamana gamers banget ga sih? kalau Shakila dan Kezia tahu pasti mereka pengen laptop ini hihi secara gitu mereka lagi getol-getolnya main mobile legend dan game online lainnya. Oh iya,  kalau saya lihat dari pertumbuhan AMD Ryzen ini bisa dibilang cepat juga sih ya, dengan hadirnya AMD kita juga disuguhkan banyak pilihan laptop yang sesuai apa yang kita mau juga. AMD Ryzen juga mengikuti perkembangan zaman dimana seperti saat ini ada profesi prfesional seperti content creator juga gaming nah mereka membuat laptop yang sesuai untuk profesi tersebut. Ahhh,, jadi gak sabar deh nunggu kejutan dari AMD ditahun 2022 nanti semoga makin banyak inovasi dan fitur-fitur baru lainnya dan semoga juga nih saya bisa punya laptop baru dengan series terbaru dari AMD, Aamiin.




5 komentar

  1. Untuk gamer mesti laptop khusus ya ..karena diamainkan lebih lama, gak cuma baterai tahan lama ..tapi butuh ram cukup dll

    BalasHapus
  2. Aq baru dengar tentang AMD mbak. Padahal lengkap juga lho mobile prosesor dan laptopnya. Aku mainkan ya doanya punya laptop baru dari AMD

    BalasHapus
  3. Perkembangan gadget emang pesat banget yaaa. Tiap tahun bahkan kadang setahun beberapa kali ada aja produk terbaru dari brand yang sama.
    Kalau buat gamer emang butuh laptop yang mumpuni ya di performa maupun tampilan desain fisiknya.

    BalasHapus
  4. iya nih
    AMD lagi melesat maju nyalip yang lain
    apa2 rekomendasinya: yang pake AMD aja biar cepet dan nggak cepet panas
    good emang AMD

    BalasHapus
  5. Aku teknologi tuh kurang banget ngerti asal pake aja kak, heheheh sekarang mayan ngerti nih berkat postingan kak Amel, allhamdulillah AMD mantep banget.

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉